Main Article Content

Abstract

Berdasarkan hasil PISA capaian indeks Indonesia secara konstan selalu berada pada level bawah dalam indeks PISA. Sehingga pada masa abad 21 Menteri Pendidikan di Indonesia melakukan pemetaan dan mengevaluasi kualitas belajar dan proses pembelajaran melalui Asesmen Nasional yang memiliki 3 instrumen salah satunya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kompetensi dasar seperti Literasi Numerasi. Nilai keIslaman dipilih untuk diintegrasikan pada soal Literasi Numerasi, hal ini bertujuan agar generasi selanjutnya mampu menyeimbangkan antara pengetahuan umum dan pengetahuan tentang keIslaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal Literasi Numerasi SMP Yang Terintegrasi Islam yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D. Subjek uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap MTs. Tarbiyatus Shibyan Sidorejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar validasi dan angket uji keterbacaan. Hasil pengembangan soal Literasi Numerasi materi bilangan kelas VIII diperoleh nilai validitas dari 2 validator ahli sebesar 4,4 yang berarti soal Literasi Numerasi berada pada kriteria sangat valid, dan nilai reliabilitas sebesar 0,63 yang berada pada kriteria tinggi, sehingga soal Literasi Numerasi yang dikembangkan telah memenuhi kategori valid dan reliabel.


 

Keywords

Soal tes Literasi numerasi Terintegrasi Islam

Article Details

How to Cite
Ijtahidah, F. F., & Nisa’, R. (2023). Pengembangan soal literasi numerasi SMP yang terintegrasi Islam. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1-8. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1596

References

  1. Anwar, E. (2006). Integrasi Ilmu Umum dengan Ilmu Agama. Gunung Djati Press.
  2. Asniati, M. (2019). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains Berbasis Google Form Untuk Siswa SMP Pada Materi Kalor [Skripsi, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/7540/
  3. Asrijanty. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan implikasinya pada pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm2.pdf
  4. Astuti, R. S. S. D. (2018). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX SMPN 4 Bandar Lampung [Skripsi, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/4779/
  5. Fariha, S. N. (2019). Pengembangan soal matematika berintegrasi nilai Keislaman untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa [Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsa.ac.id/30380/
  6. Harfiyani, A. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Literasi Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 1, 141–150.
  7. Ina, B. F. R. U. (2020). Pengembangan soal matematika model PISA bagi siswa Sekolah Menengah Pertama [Skripsi, Sanata Dharma University]. https://repository.usd.ac.id/36590/
  8. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
  9. OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. PISA, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
  10. Salafudin. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223–243. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651
  11. Septiana, I. (2019). Pengembangan LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Kelas III SD/MI Pada Tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup [Skripsi, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/5517/
  12. Sholikha, W. (2021). Pengembangan Soal HOTS Matematika pada Materi Aritmatika Sosial [Skripsi]. Universitas Qomaruddin Gresik.
  13. Ummah, S. C. (2019). Paradigma keilmuan Islam di perguruan tinggi. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 100-120. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v19i2.30300