Pengaruh Respon Model Discovery Learning Berbasis Media Aplikasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Veronika Mebang Universitas Mulawarman
  • Laili Komariyah Universitas Mulawarman
  • Zeni Haryanto Universitas Mulawarman
Keywords: Discovery Learning, Simply-Interacive, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan respon model pembelajaran  discovery learning berbasis media aplikasi di SMA Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksprimental dengan desain yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu Purposive Sampling dengan sampel kelas X Mipa sebanyak 38 orang. Pengambilan data penelitian ini menggunakan tes awal dan tes akhir yang kemudian di analisis menggunakan N-Gain serta menganalisis angket respon. Hasil analisis diperoleh N-Gain sebesar 0,34 termasuk dalam kriteria sedang. Hasil analisis angket menunjukan bahwa siswa memberikan respon yang baik. Respon siswa yang memberikan tanggapan cukup baik sebesar 23,6%, dan tanggapan baik sebesar 76,3%. Hasil uji regresi didapatkan t hitung sebesar 7,167 untuk nilai t tabel sebesar 2,028. Berdasarkan nilai R square sebesar 0,588 menunjukan bahwa 58,80% berarti ada pengaruh respon model discovery learning berbasis media aplikasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhammad., Evi Chamalah, dan Oktarina Puspita Wardani. 2013. Modeldan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Alamsyah, Mashudi. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Indraprasta PGRI.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta Angelo, T. A. (1995). Classroom assessment for critical thinking. Teaching of Psychology, 22.
Djamarah, S.B dan Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka
Cipta.
Gili,Yasinta. 2018. Asesmen Formatif dalam Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 27 Samarinda (Materi Suhu dan Kalor). Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika (Tidak Diterbitkan). Samarinda : Universitas Mulwarman
Kosasih, Engkos. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya
Mentari, Welly., Achmad, Arwin, dan Berti Yolida. 2015. Artikel: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Bandar Lampung (tidak diterbitkan).Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Edisi Kedua. Jakarta : Rajawali Press.
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Edisi Kedua. Jakarta : Rajawali Press
Seventika, et al. 2018. Critical thinking analysis based on Facione (2015)– Angelo (1995) logical mathematics material of vocational high school (VHS). Journal of Physics.
Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta :Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-04-30
How to Cite
Mebang, V., Komariyah, L., & Haryanto, Z. (2021). Pengaruh Respon Model Discovery Learning Berbasis Media Aplikasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 73 - 82. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.382
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>