Analisis Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Peserta Didik SMA
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.3538Keywords:
Fisika, Gender, Hasil Belajar, Pembelajaran InkuiriAbstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada pesrta didik SMA. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI-4 SMA Negeri 13 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan penelitian kuantitatif metode deskriptif. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kelas XI-4 yang menerapkan model pembelajaran inkuiri memiliki sebaran data sebanyak 30 dengan nilai rata-rata 61,67 dan standar deviasi 17,924. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing tersebut dapat dikatakan cukup baik karena terbukti dengan adanya nilai standar deviasi yang ebih kecil dari mean artinya data menyebar tidak jauh dari mean dan menunjukkan variabel relative homogen. Dalam penelitian ini apabila ditinjau dari segi gender maka memiliki nilai rata-rata untuk peserta didik perempuan yaitu sebesar 65,50 dimana nilai rata-rata tersebut lebih unggul daripada peserta didik laki-laki yang nilainya hanya sebesar 54,00.
Downloads
References
Astuti, D. A. P., & Hardini, A. T. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Modeldiscovery Learning Berbantuan Powerpointsecara Daring Kelas V SD. Jurnal Education and Development, 9(2), 96-100. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2488
Asante, C. W., Ackah, C. G., & Frimpong, L. K. (2023). Gender differences in academic performance of students studying Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) subjects at the University of Ghana. SN Social Science. 3(12): 1-22. https://doi.org/10.1007/s43545-023-00608-8
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167
Lubis, M. S. A., Fatmawati, E., Pratiwi, E. Y. R., Sabtohadi, J., & Damayanto, A. (2022). Understanding curriculum transformation towards educational innovation in the era of all-digital technology. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 526-542. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2110
Kuhn, J., & Müller, A. (2014). Context-based science education by newspaper story problems: A study on motivation and learning effects. Perspectives in Science, 2(1– 4), 5–2. https://doi.org/10.1016/j.pisc.2014.06.001
Kuswanti, K., Komariyah, L., & Zulkarnaen. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Fisika dengan Memanfaatkan Aplikasi Media Zoom Cloud Meeting dan Youtube dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di SMK Farmasi Kelas XI . Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 5(1), 15-22. https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.2713
Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, & G., Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 150-165. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1250
Mesrawati. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SD Negeri 081 Rambah. Trabajo Infantil, 53(9), 1689–1699. https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/66
Mingoa, J. I & Abocejo, F.T. (2021). Science performance and scholastic aptitude of grade 9 learners. European Journal of Education Studies. 8(3), 342-358. https://doi.org/10.46827/ejes.v8i3.3660
Munastiwi, E., Saputro, B., Fatonah, S., & Suhendro, E. (2022). Implications of Online Learning: Trends of Science Misconceptions About Forces in Elementary School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 500–510. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.37696
Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Prayogi, S., & Muhali, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri (ABI) untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 3(1), 21-26. https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i1.1074
Purwandari, P., Sunarno, W., & Cari, C. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dan Proyek Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 77-85. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17846
Qadar, R., Syam, M., & Matius, B. (2016). Mengakses Kemampuan Berinkuiri Calon Guru Fisika Melalui Pendekatan Inkuiri Level Demonstrasi Interaktif. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 1(1), 33-39. http://dx.doi.org/10.17977/um058v1i1p33-40
Rizal, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 159-165. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v2i3.4509
Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (2015). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VII dalam Pembelajaran Matematika Materi Aljabar Berdasarkan Gender. Journal on Education, 01(02), 458–464. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.92
Rusli, A. (2022). Belajar Fisika dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1(1), 1–6.
Setiawan, A. M., & Sugiyanto. (2020). Science process skills analysis of science teacher on professional teacher program in Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 241–247. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23817
Sukma, Komariyah L., dan Syam M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika: Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA dan MIPA,18(1), 59-63. https://doi.org/10.33387/saintifik.v1i1
Wahyuni, S. (2015, September). Pengembangan Bahan Ajar IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-6, 300-305. Sebelas Maret University.
Wasilatussalam, N. A., Anas, A., & Sukmawati, B. (2023). Pengaruh Teknik REBT (Rational Emotive Behaviour Theraphy) Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI BDP-3 SMK Trunojoyo Jember. PANDALUNGAN: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural, 1(1), 26-31. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.836
Wati, N., Qadar, R., & Matius, B. (2020). Hubungan Antara Kinerja Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas Di SMA Negeri 13 Samarinda. Jurnal Litarasi Pendidikan Fisika, 1(1), 73-80. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.130
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desi Az Zahra Putri, Jimmy Hendrawan, Nurul Fitriyah Sulaeman, Lambang Subagiyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.




.png)



