Analisis Keamanan Percobaan Fisika pada Laboratorium Fisika di SMA Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i1.1673Keywords:
Keamanan, Percobaan Fisika, Laboratorium IPA FisikaAbstract
Kelengkapan laboratorium, khususnya laboratorium Fisika akan berdampak terhadap keselamatan laboratorium tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana keselamatan dan keamanan kerja laboratorium Fisika di kota Samarinda. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode wawancara dan observasi di dua SMA di kota Samarinda pada bulan November 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek keselamatan umum laboratorium pada kedua sekolah termasuk ke dalam kategori baik, aspek kepekaan terhadap perasaan siswa berada pada kategori sangat baik, aspek keselamatan kerja setiap percobaan fisika berada pada kategori baik dan aspek kelengkapan sarana laboratorium berada pada kategori cukup. Namun, hasil ini tidak dapat di generalisasi mengingat sangat dimungkinkannya terdapat perbedaan mendasar pengelolaan masing-masing laboratorium sekolah. Disamping pentingnya pemenuhan standar sarana laboratorium, diperlukan pula penelitian lanjutan sebagai alternatif solusi tidak tersediannya alat laboratorium Fisika sekolah.
Downloads
References
Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV Syakir Media Press.
Afriansyah, R. (2020). Efektivitas manajemen keamanan laboratorium kimia di smk smti banda aceh [Skripsi, Universitas Islam Negri Ar-Raniry Darrusalam Banda Aceh]. UIN - Ar Raniry Repository. https://repository.ar-raniry.ac.id.
Anies, E. laboratorium fisika dalam menunjang kinerja dan kepuasan pengguna laboratorium F. F. U. J., Subiki, & Prihandono, T. (2017). Pengelolaan laboratorium fisika dalam menunjang kinerja dan kepuasan pengguna laboratorium Fisika FKIP Universitas Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 72–79.
Bolla, J., Meier, R., & Meyr, E. (2016). The Safety of Physics Science Activities in a High School Physics Classroom. Open Journal of Social Sciences, 04(08), 133–141.
Cahyaningrum, D. (2020). Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 2(1), 35–40.
Eka, D., Subiki, & Yanti, B. (2016). Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 41–46.
Figgou, Lia., Pavlopoulos, Vassilis. (2015). Social Psychology: Research Method. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences. Elvieser.
Indrawan, I., Reny Safita, D. N., Mahdayeni, Elsha, R. Y., Ita Tryas Nur Rochbani, A., Jaya, E. P., & Syafitri, Rita, Try Susanti, Maryani, E. (2019). Manajeman Laboratorium Pendidikan. CV. Penerbit Qiara Media.
Kamal, M. (2019). Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Bukittinggi: AURA.
Kemdikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2018. tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan.
Kemdikbud. (2020). Silabus Mata Pelajaran Fisika SMA/MA. In Http://Kemdikbud.Go.Id/ (Issue 021, pp. 1–3).
Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka (Vol. 42, Issue ABSTRACT, pp. 39-A). https://doi.org/10.1290/1543-706x(2006)42[39-ab:p]2.0.co;2
Kusyanti, R. N. T. (2022). Analisis Standarisasi Laboratorium Fisika dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tempel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 40–47.
Lestari, N. A., Jauhariah, M. N. R., & Deta, U. A. (2017). Pelatihan Manajemen Laboratorium Untuk Pengelola Laboratorium Ipa Tingkat Sma Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal ABDI, 3(1), 17.
Nayiroh, N., & Kusairi. (2019). Studi Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Laboratorium Jurusan Fisika Universitas Islam Negeri (Uin) Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Pengelolaan Laboratorium (Temapela), 2(2), 65–74.
Pertiwi, W. A., Sanjaya, L. A., Budi, A. S., Rasmi, D. P., Hasanah, H. Al, Kartini, Winarko, H. B., Rasimin, & Ash-Shiddiqy, A. R. (2021). Evaluation of physics laboratory management in state senior high school Jambi City. AIP Conference Proceedings, 2320(March). https://doi.org/10.1063/5.0037880
Puspita, W. I., Masjkur, K., & Muhardjito. (2016). Analisis Pengelolaan Laboratorium Fisika SMA Negeri di Kabupaten Malang. Seminar Nasional Jurusan Fisika FMIPA UM, 37–42.
Ramadhani, S. P. (2020). Pengelolaan Labolatorium. Depok:Yiesa Rich Foundation.
Salirawati, D. (2009). Manajemen Laboratorium Kimia/IPA. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY.
Sulistyowati, Y. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2), 1–14.
Tiranda, I. K. (2021). Analisis Pemanfaatan Laboratorium Fisika Di SMA Negri 4 Toraja Utara. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar, 3(1), 86–89.
Vendamawan, R. (2015). Pengelolaan Alat dan Laboratorium. Metana, 11(02), 41–46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.