Analisis Keamanan Percobaan Fisika pada Laboratorium Fisika di SMA Kota Samarinda

  • Muttaqin Mulawarman University
  • Nur Ismalizah Mulawarman University
  • Ardelia Thida Mufarrihah Mulawarman University
  • Sartika Mulawarman University
  • Serlinda Harareta Mulawarman University
  • Syayidah Dinurrohmah Mulawarman University
  • Nurul Fitriyah Sulaeman Mulawarman University
Keywords: Keamanan, Percobaan Fisika, Laboratorium IPA Fisika

Abstract

Kelengkapan laboratorium, khususnya laboratorium Fisika akan berdampak terhadap keselamatan laboratorium tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana keselamatan dan keamanan kerja laboratorium Fisika di kota Samarinda. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode wawancara dan observasi di dua SMA di kota Samarinda pada bulan November 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek keselamatan umum laboratorium pada kedua sekolah termasuk ke dalam kategori baik, aspek kepekaan terhadap perasaan siswa berada pada kategori sangat baik, aspek keselamatan kerja setiap percobaan fisika berada pada kategori baik dan aspek kelengkapan sarana laboratorium berada pada kategori cukup. Namun, hasil ini tidak dapat di generalisasi mengingat sangat dimungkinkannya terdapat perbedaan mendasar pengelolaan masing-masing laboratorium sekolah. Disamping pentingnya pemenuhan standar sarana laboratorium, diperlukan pula penelitian lanjutan sebagai alternatif solusi tidak tersediannya alat laboratorium Fisika sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV Syakir Media Press.

Afriansyah, R. (2020). Efektivitas manajemen keamanan laboratorium kimia di smk smti banda aceh [Skripsi, Universitas Islam Negri Ar-Raniry Darrusalam Banda Aceh]. UIN - Ar Raniry Repository. https://repository.ar-raniry.ac.id.

Anies, E. laboratorium fisika dalam menunjang kinerja dan kepuasan pengguna laboratorium F. F. U. J., Subiki, & Prihandono, T. (2017). Pengelolaan laboratorium fisika dalam menunjang kinerja dan kepuasan pengguna laboratorium Fisika FKIP Universitas Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 72–79.

Bolla, J., Meier, R., & Meyr, E. (2016). The Safety of Physics Science Activities in a High School Physics Classroom. Open Journal of Social Sciences, 04(08), 133–141.

Cahyaningrum, D. (2020). Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 2(1), 35–40.

Eka, D., Subiki, & Yanti, B. (2016). Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 41–46.

Figgou, Lia., Pavlopoulos, Vassilis. (2015). Social Psychology: Research Method. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences. Elvieser.

Indrawan, I., Reny Safita, D. N., Mahdayeni, Elsha, R. Y., Ita Tryas Nur Rochbani, A., Jaya, E. P., & Syafitri, Rita, Try Susanti, Maryani, E. (2019). Manajeman Laboratorium Pendidikan. CV. Penerbit Qiara Media.

Kamal, M. (2019). Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Bukittinggi: AURA.

Kemdikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2018. tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan.

Kemdikbud. (2020). Silabus Mata Pelajaran Fisika SMA/MA. In Http://Kemdikbud.Go.Id/ (Issue 021, pp. 1–3).

Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka (Vol. 42, Issue ABSTRACT, pp. 39-A). https://doi.org/10.1290/1543-706x(2006)42[39-ab:p]2.0.co;2

Kusyanti, R. N. T. (2022). Analisis Standarisasi Laboratorium Fisika dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tempel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 40–47.

Lestari, N. A., Jauhariah, M. N. R., & Deta, U. A. (2017). Pelatihan Manajemen Laboratorium Untuk Pengelola Laboratorium Ipa Tingkat Sma Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal ABDI, 3(1), 17.

Nayiroh, N., & Kusairi. (2019). Studi Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Laboratorium Jurusan Fisika Universitas Islam Negeri (Uin) Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Pengelolaan Laboratorium (Temapela), 2(2), 65–74.

Pertiwi, W. A., Sanjaya, L. A., Budi, A. S., Rasmi, D. P., Hasanah, H. Al, Kartini, Winarko, H. B., Rasimin, & Ash-Shiddiqy, A. R. (2021). Evaluation of physics laboratory management in state senior high school Jambi City. AIP Conference Proceedings, 2320(March). https://doi.org/10.1063/5.0037880

Puspita, W. I., Masjkur, K., & Muhardjito. (2016). Analisis Pengelolaan Laboratorium Fisika SMA Negeri di Kabupaten Malang. Seminar Nasional Jurusan Fisika FMIPA UM, 37–42.

Ramadhani, S. P. (2020). Pengelolaan Labolatorium. Depok:Yiesa Rich Foundation.

Salirawati, D. (2009). Manajemen Laboratorium Kimia/IPA. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY.

Sulistyowati, Y. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2), 1–14.

Tiranda, I. K. (2021). Analisis Pemanfaatan Laboratorium Fisika Di SMA Negri 4 Toraja Utara. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar, 3(1), 86–89.

Vendamawan, R. (2015). Pengelolaan Alat dan Laboratorium. Metana, 11(02), 41–46.

Published
2023-06-16
How to Cite
Muttaqin, Ismalizah, N., Mufarrihah, A. T., Sartika, Harareta, S., Dinurrohmah, S., & Sulaeman, N. F. (2023). Analisis Keamanan Percobaan Fisika pada Laboratorium Fisika di SMA Kota Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(1), 1-8. https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i1.1673
Section
Articles