Mengeksplorasi Dampak Ketersediaan Peralatan pada Pelaksanaan Praktikum Fisika di Laboratorium SMA
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.2878Keywords:
Laboratorium fisika, ketersediaan peralatan, ketersediaan peralatanketersediaan peralatanAbstract
Laboratorium fisika adalah tempat untuk melakukan penelitian, eksperimen, dan observasi, sehingga harus dilengkapi dengan peralatan yang memadai untuk mendukung keterlaksanaan kegiatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang ketersediaan peralatan dan pelaksanaan praktikum fisika di SMA di wilayah Samarinda. Subjek penelitian melibatkan guru fisika dan laboratorium fisika di SMA A Samarinda dan SMA B Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan observasi dan instrumen berupa wawancara serta lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peralatan praktikum fisika di SMA A Samarinda tergolong lengkap (69.8%), sehingga pelaksanaan praktikum dapat dilakukan dengan baik. Di sisi lain, di SMA B Samarinda, ketersediaan peralatan dinilai cukup lengkap (49%). Meski demikian, terdapat kendala serupa dalam menyelenggarakan praktikum di kedua sekolah ini, yaitu kurangnya tenaga pengajar dan kesulitan dalam mengatur waktu. Kendala-kendala ini perlu diperhatikan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan praktikum fisika di sekolah-sekolah tersebut.
Downloads
References
Afriyanto, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Alat Peraga pada Materi Hukum Biot Savart di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Jurnal Kajian dan Riset Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan, 2(1), 20–24.
Anggereni, S., Suhardiman, S., & Amaliah, R. (2021). Analisis Ketersediaan Peralatan, Bahan Ajar, Administrasi Laboratorium, Keterlaksanaan Kegiatan Praktikum di Laboratorium Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 414-423. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3925.
Anies, E., Subiki, & Prihandono, T. (2017). Pengelolaan Laboratorium Fisika Dalam Menunjang Kinerja Dan Kepuasan Pengguna Laboratorium Fisika FKIP Universitas Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 72–79.
Anita, M., Sakti, I., & Kadir, F. (2022). Analisis Pelaksanaan Praktikum Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Maros. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 4(2), 125–136. https://doi.org/10.31540/sjpif.v4i2.1857.
Anwar, D. E. (2014). Pelatihan Pembuatan Alat-Alat Praktikum IPA Fisika Bagi Guru IPA SMP/MTS Swasta Se-Kecamatan Winong Kab Pati. Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 14(1), 43–56.
Awitaningsih, N. Ek., Sutarto, & Supriadi, B. (2021). Studi Pemanfaatan Peralatan Laboratorium Fisika dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Kelas X dan XI di SMA Negeri Kabupaten Banyuwangi Wilayah Selatan-Barat. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 185–19.
Dewi, M. L., Budi, A. S., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Data Logger Untuk SMA. Prosding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF, 169-172.
Dinawati, C. N., Safitri, N., Yuluani, H., & Azizah, N. (2022). Pelaksanaan Praktikum Fisika Kelas X di SMK Muhammadiyah Palangka Raya. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 130-141.
Lestari, M. L., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49-54.
Muttaqin., Ismalizah, N., Mufarrihah, A. T., Sartika., Harareta., S. Dinurrohmah, S., & Sulaeman, N. F. (2023). Analisis keamanan percobaan fisika pada laboratorium fisika di sma kota samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 4(1), 1-8.
Nikmah, S., Hartono, & Sujarwata. (2017). Kesiapan Dan Pemanfaatan Laboratorium Dalam Mendukung Pembelajaran Fisika SMA Di Kabupaten Brebes. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(1), 1–8.
Novianti, R. D., Farhana, S. S., Saragih, D. F., Mauladhani, A. E., Maula, A. N., Amindri, M. Y., Nuraini, L., & Harijanto, A. (2023). Analisis Standar Dan Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Laboratorium Fisika Terhadap Pembelajaran Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Jember. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.31605/phy.v6i1.3113.
PERMENDIKNAS (2007). Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). (24), 48-52.
Rahmayanti, L., Antosa, Z., & Adiputra, M. J. (2020). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 72-80. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7850.
Sari, I. P., Sulistiani, E., Syaifulla, A. P., Putri, R. A., Baruku, D., Anwar, A., & Sulaeman, N.F. (2023). Analisis Ketersediaan Fasilitas dan Alat Praktikum Laboratorium Fisika Untuk SMA di Kota Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 4(2), 1-8.
Sarjono. (2018). Pentingnya Laboratorium Fisika di SMA/MA dalam Menunjang Pembelajaran Fisika. Jurnal Madaniyah, 8(3), 262–271.
Susanti, R. (2013). Pengaruh Penerapan Pembelajaran berbasis Masalah pada Praktikum Fotosintesis dan Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNSRI. Prosiding Seminar Kenaikan Jabatan dari Lektor ke Lektor Kepala pada Tingkat Fakultas-FKIP Unsri, 1-14.
Yanti, D. E., Subiki, & Yushardi. (2016). Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika Dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Sma Negeri Di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 41–46.
Yuyung, A., Sari, S. S., & Yani, A. (2020). Analisis Pemanfaatan Laboratorium Fisika di SMA Negeri 5 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 49-51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.