Analisis Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Peserta Didik SMA

Authors

  • Desi Az Zahra Putri Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Jimmy Hendrawan Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Nurul Fitriyah Sulaeman Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Lambang Subagiyo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.3538

Keywords:

Fisika, Gender, Hasil Belajar, Pembelajaran Inkuiri

Abstract

Pada penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui analisis hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada pesrta didik SMA.  Populasi  penelitian adalah peserta didik  kelas  XI-4  SMA  Negeri 13 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan penelitian kuantitatif metode deskriptif. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kelas XI-4 yang menerapkan model pembelajaran inkuiri memiliki sebaran data sebanyak 30 dengan nilai rata-rata 61,67 dan standar deviasi 17,924. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran  inkuiri  terbimbing  tersebut dapat dikatakan cukup baik karena terbukti dengan adanya nilai standar deviasi yang ebih kecil dari mean artinya data menyebar tidak jauh dari mean dan menunjukkan variabel relative homogen. Dalam penelitian ini apabila ditinjau dari segi gender maka memiliki nilai rata-rata untuk peserta didik perempuan yaitu sebesar 65,50 dimana nilai rata-rata tersebut lebih unggul daripada peserta didik laki-laki yang nilainya hanya sebesar 54,00.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, D. A. P., & Hardini, A. T. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Modeldiscovery Learning Berbantuan Powerpointsecara Daring Kelas V SD. Jurnal Education and Development, 9(2), 96-100. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2488

Asante, C. W., Ackah, C. G., & Frimpong, L. K. (2023). Gender differences in academic performance of students studying Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) subjects at the University of Ghana. SN Social Science. 3(12): 1-22. https://doi.org/10.1007/s43545-023-00608-8

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Lubis, M. S. A., Fatmawati, E., Pratiwi, E. Y. R., Sabtohadi, J., & Damayanto, A. (2022). Understanding curriculum transformation towards educational innovation in the era of all-digital technology. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 526-542. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2110

Kuhn, J., & Müller, A. (2014). Context-based science education by newspaper story problems: A study on motivation and learning effects. Perspectives in Science, 2(1– 4), 5–2. https://doi.org/10.1016/j.pisc.2014.06.001

Kuswanti, K., Komariyah, L., & Zulkarnaen. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Fisika dengan Memanfaatkan Aplikasi Media Zoom Cloud Meeting dan Youtube dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di SMK Farmasi Kelas XI . Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 5(1), 15-22. https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.2713

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, & G., Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 150-165. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1250

Mesrawati. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SD Negeri 081 Rambah. Trabajo Infantil, 53(9), 1689–1699. https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/66

Mingoa, J. I & Abocejo, F.T. (2021). Science performance and scholastic aptitude of grade 9 learners. European Journal of Education Studies. 8(3), 342-358. https://doi.org/10.46827/ejes.v8i3.3660

Munastiwi, E., Saputro, B., Fatonah, S., & Suhendro, E. (2022). Implications of Online Learning: Trends of Science Misconceptions About Forces in Elementary School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 500–510. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.37696

Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Prayogi, S., & Muhali, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri (ABI) untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 3(1), 21-26. https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i1.1074

Purwandari, P., Sunarno, W., & Cari, C. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dan Proyek Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 77-85. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17846

Qadar, R., Syam, M., & Matius, B. (2016). Mengakses Kemampuan Berinkuiri Calon Guru Fisika Melalui Pendekatan Inkuiri Level Demonstrasi Interaktif. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 1(1), 33-39. http://dx.doi.org/10.17977/um058v1i1p33-40

Rizal, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 159-165. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v2i3.4509

Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (2015). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VII dalam Pembelajaran Matematika Materi Aljabar Berdasarkan Gender. Journal on Education, 01(02), 458–464. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.92

Rusli, A. (2022). Belajar Fisika dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1(1), 1–6.

Setiawan, A. M., & Sugiyanto. (2020). Science process skills analysis of science teacher on professional teacher program in Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 241–247. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23817

Sukma, Komariyah L., dan Syam M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika: Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA dan MIPA,18(1), 59-63. https://doi.org/10.33387/saintifik.v1i1

Wahyuni, S. (2015, September). Pengembangan Bahan Ajar IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-6, 300-305. Sebelas Maret University.

Wasilatussalam, N. A., Anas, A., & Sukmawati, B. (2023). Pengaruh Teknik REBT (Rational Emotive Behaviour Theraphy) Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI BDP-3 SMK Trunojoyo Jember. PANDALUNGAN: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural, 1(1), 26-31. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.836

Wati, N., Qadar, R., & Matius, B. (2020). Hubungan Antara Kinerja Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas Di SMA Negeri 13 Samarinda. Jurnal Litarasi Pendidikan Fisika, 1(1), 73-80. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.130

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Putri, D. A. Z., Hendrawan, J., Sulaeman, N. F., & Subagiyo, L. (2025). Analisis Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Peserta Didik SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(2), 114–121. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.3538

Issue

Section

Articles