Pemetaan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan Soal-Soal Evaluasi Materi Gelombang Cahaya dalam Tabel Taksonomi
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.577Keywords:
Dimensi Proses Kognitif, Dimensi Pengetahuan, Tabel TaksonomiAbstract
Dimensi proses kognitif dalam Taksonomi Bloom revisi merupakan suatu kerangka untuk menentukan tujuan pembelajaran, yang berfungsi sebagai mengkategorikan tujuan pendidikan, merancang penilaian, serta kurikulum. Tujuan dalam ranah kognitif terdiri atas (1) mengingat, (2) memahami, (3) mengaplikasikan, (4) menganalisis, (5) mengevaluasi, dan (6) mencipta. Dimensi pengetahuan terdiri atas pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan peta dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan pada masing-masing soal pada tujuh buku fisika SMA/MA yang terbit tahun 2007-2016 khususnya pada materi gelombang cahaya dengan total 100 butir soal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Persentase secara umum dari tujuh buku yaitu di dominasi pada kategori mengaplikasikan (C3) dengan besar persentase 82% dan dimensi pengetahuan lebih di dominasi pada kategori prosedural dengan besar persentase 92%.
Downloads
References
Giani, Zulkardi, dan C. H. (2015). Analisis Tingkat Kognitif dan Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Mathematies Education Journal, 9, 20.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Press Workshop : IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Paparan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Workshop(Pondok Cabe), 14 Januari 2014.
Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom ’ s Taxonomy : 41(4), 212–219.
Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl. (2015). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Belajar.
Mahirah B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). I(11), 257–267.
Mulatsih, B. (2021). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi pada Pengembangan Soal Kimia Ranah Pengetahuan. 6(1), 1–10.
Otang Kurniawan, E. N. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1), 389–396.
Ruwaida, H. (2019). PROSES KOGNITIF DALAM TAKSONOMI BLOOM REVISI : ANALISIS KEMAMPUAN MENCIPTA ( C6 ) PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MI MIFTAHUL ANWAR Oleh : 4(1), 51–76.
Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 65–73.
Wowo Sunaryo Kuswana. (2014). Taksonomi Kognitif: Perkembangan ragam Berpikir (Edisi 1). Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.