Pemetaan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan Soal-Soal Evaluasi Materi Gelombang Cahaya dalam Tabel Taksonomi

  • Venesya Sari Lubis Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Zulkarnaen Zulkarnaen Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Junus Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
Keywords: Dimensi Proses Kognitif, Dimensi Pengetahuan, Tabel Taksonomi

Abstract

Dimensi proses kognitif dalam Taksonomi Bloom revisi merupakan suatu kerangka untuk menentukan tujuan pembelajaran, yang berfungsi sebagai mengkategorikan tujuan pendidikan, merancang penilaian, serta kurikulum. Tujuan dalam ranah kognitif terdiri atas (1) mengingat, (2) memahami, (3) mengaplikasikan, (4) menganalisis, (5) mengevaluasi, dan (6) mencipta. Dimensi pengetahuan terdiri atas pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan peta dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan pada masing-masing soal pada tujuh buku fisika SMA/MA yang terbit tahun 2007-2016 khususnya pada materi gelombang cahaya dengan total 100 butir soal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Persentase secara umum dari tujuh buku yaitu di dominasi pada kategori mengaplikasikan (C3) dengan besar persentase 82% dan dimensi pengetahuan lebih di dominasi pada kategori prosedural dengan besar persentase 92%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Giani, Zulkardi, dan C. H. (2015). Analisis Tingkat Kognitif dan Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Mathematies Education Journal, 9, 20.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Press Workshop : IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Paparan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Workshop(Pondok Cabe), 14 Januari 2014.

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom ’ s Taxonomy : 41(4), 212–219.

Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl. (2015). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Belajar.

Mahirah B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). I(11), 257–267.

Mulatsih, B. (2021). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi pada Pengembangan Soal Kimia Ranah Pengetahuan. 6(1), 1–10.

Otang Kurniawan, E. N. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1), 389–396.

Ruwaida, H. (2019). PROSES KOGNITIF DALAM TAKSONOMI BLOOM REVISI : ANALISIS KEMAMPUAN MENCIPTA ( C6 ) PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MI MIFTAHUL ANWAR Oleh : 4(1), 51–76.

Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 65–73.

Wowo Sunaryo Kuswana. (2014). Taksonomi Kognitif: Perkembangan ragam Berpikir (Edisi 1). Remaja Rosdakarya.

Published
2021-11-30
How to Cite
Lubis, V. S., Zulkarnaen, Z., & Junus, M. (2021). Pemetaan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan Soal-Soal Evaluasi Materi Gelombang Cahaya dalam Tabel Taksonomi. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 171 - 182. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.577
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)