Pengaruh kecerdasan emosional dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.4525Keywords:
Kecerdasan emosional, Aktivitas belajar, Hasil belajar matematikaAbstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu dalam rangka mengidentifikasi pengaruh yang diberikan kecerdasan emosional dan aktivitas belajar pada hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 7 Samarinda. Penelitian yang berjenis ex post facto menggunakan sejumlah 149 siswa dari 6 kelas sebagai sampelnya yang ditentukan melalui cluster random sebagai teknik samplingnya. Analisis data penelitian dilakukan secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan regresi linear berganda berdasarkan taraf signifikan (α) sebesar 0.05. Adapun hasil analisis deskriptif yaitu, nilai rata-rata atas hasil penelitian kecerdasan emosional senilai 54.10, dari aktivitas belajar senilai 57.22, dan dari hasil belajar matematika siswa adalah senilai 58.50. Ketiga variabel berada dalam kategori cukup. Hasil analisis statistik inferensial, didapatkan persamaan regresi dugaan, yakni Y̅=-3.788+0.606X1+0.151X2. Didapati adanya pengaruh yang diberikan oleh kecerdasan emosional pada hasil belajar matematika dan ada pengaruh yang diberikan aktvitas belajar pada hasil belajar matematika. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0.152. Sehingga disimpulkan bahwa ditemukan sebesar 15.2% pengaruh yang diberikan kecerdasan emosional dan aktivitas belajar pada hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 7 Samarinda.
Downloads
References
Ali, J. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Proses Metabolisme pada Siswa Kelas XII IPA-1. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.51878/learning.v1i1.195
Andini, S. P., & Zakki, M. (2024). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.69503/ijert.v4i1.578
Arafa, S., Mursalim, M., & Ihsan, I. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 26 Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2061
Arifin, M. F. (2020). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989–999. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.743
Asikin, Y. A., Istiqamah, I., & Abbas, A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(2), 112–128. https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i2.5053
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079
Cahyono, A. E. (2023). Membangun Kemandirian Belajar Untuk Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 167–174. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1257
Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 299–313. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630
Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714
Goleman, D. (2000). Emotional Intellingence (Kecerdasan Emosional). Gramedia Pustaka Umum.
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru : Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595
Kirana, A. W., Flurentin, E., & Setiyowati, A. J. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Academic Burnout dengan Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(4), 291–302. https://doi.org/10.17977/um065v3i42023p291-302
Lestari, A., Anwar, C., Firdos, H., & Sudiana, R. (2021). Pengaruh Intelligence Quotient (IQ) Dan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA (Studi Korelasi Siswa SMA Se-Kota Serang). 4(3), 497–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.497-506
Lestari, L., Hadarah, H., & Soleha, S. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. EDOIS: International Journal of Islamic Education, 1(2), 49–58. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3710
Lestari, P., Risnawati, & Za’ba, N. (2024). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap keaktifan. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 71–82. https://doi.org/10.32478/aqhcns22
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892
Riza, F., & Yoto. (2023). Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK untuk Menjawab Tantangan Industri Modern. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(4), 940–947. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1643
Saputra, A., Srh, A. H., & Gusmaneli. (2024). Pengaruh Homeschooling Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak. ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru, 1(2), 88–100.
Sukatin, Kharisma, I. P., & Safitri, G.. (2023). Efikasi Diri Dan Kestabilan Emosi Pada Prestasi Belajar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 28–39. https://doi.org/10.24252/edu.v3i1.39695
Susanti, D., & Nastuti, R. (2021). Pengaruh Disiplin Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FAI UM Sumatera Barat Tahun Ajaran 2022/2021. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 4(1), 77–88. https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i1.2640
Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 1(1), 48–55.
Utami, S. A., Damayanti, E., & Ismail, W. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(1), 1. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6138
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Thesalonica Graina Barung, Nanda Arista Rizki, Asyril, Petrus Fendiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.