Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi lingkaran di kelas VIII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B sebanyak 32 siswa dan objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Data diperoleh dari dokumentasi, yaitu nilai dasar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kuis, tes akhir siklus, dan observasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, untuk setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai pelaksana dalam pembelajaran, sedangkan guru matematika kelas VIII-B dan rekan peneliti sebagai observer. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentase peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, peningkatan persentase ketuntasan, serta peningkatan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi lingkaran di kelas VIII.

Keywords

Hasil Belajar Kooperatif Tipe Jigsaw

Article Details

How to Cite
Waryanti, D., Watulingas, J. R., & Azainil. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27-32. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.442

References

  1. Asmani, J. M. (2011). Tips Pintar PTK: Penelitian Tindakan Kelas. Laksana.
  2. Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika (Tinjauan Teoritis dan Historis). Multi Perssindo.
  3. Jihad, A. dan A. H. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Multi Perssindo.
  4. Kurniasih, I. dan B. S. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
  5. Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.