Mediasi regulasi diri atas pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa SMP

Authors

  • Abdul Basir Abbas Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Nanda Arista Rizki Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-3092-4701

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.2108

Keywords:

Lingkungan belajar, Mediasi, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa, di semester 2 kelas VIII SMP Negeri  Samarinda Ulu tahun ajaran 2022, dan juga menyelidiki apakah variabel regulasi diri merupakan mediasi dari pengaruh tersebut. Pengumpulan data dengan kuesioner dan tes hasil belajar diterapkan terhadap 380 Siswa dari 4 lembaga sekolah negeri jenjang SMP, yang diperoleh melalui Proportional Cluster Random Sampling. Pemodelan persamaan struktural diterapkan, yang didahului dengan analisis faktor konfirmasi untuk memantapkan pengukuran bagi tiga variabel yang diteliti. Hasil menunjukan bahwa lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika Siswa, dengan regulasi diri sebagai mediasi parsial.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, B., Tayeb, T., Afiif, A., Munirah, & Munawarah. (2022). Pengaruh Regulasi Diri dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.24252/ajme.v4i1.28842

Asmawati, A. A., Sugeng, S., & Labulan, P. M. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.391

Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777

Hu, H., & Driscoll, M. (2009). Self-Regulated Learning (SRL) in Community College Student Success. 2009 Annual Proceedings - Louisville, 1(1), 182–186.

Koro, M., Wonda, H., & Seran, M. A. A. (2022). The Effect Of Self Regulated Learning On Learning Outcomes Through Learning Motivation In Class V In The Lituk Cluster, South Atambua District. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 9(2), 126–138.

Natun, A. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan regulasi diri terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Singaraja [Skripsi, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA]. https://repo.undiksha.ac.id/159/

Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140

Ole, A. A., & Dipan, E. G. (2023). Hubungan kondisi lingkungan belajar di sekolah dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 71–78. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i1.2434

Ormrod, J. E., Anderman, E. M., & Anderman, L. H. (2020). Educational Psychology: Developing Learners (10 ed.). Pearson.

Prantauwati, K., Syaiful, S., & Maison, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 3 Tungkal Ulu di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia, 5(3), 3061–3068. https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.994

Pratiwi, N., Sripatmi, S., Sridana, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar pada Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.150

Prawidia, I., & Khusna, H. (2021). Pengaruh suasana lingkungan belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 14(2), 192–207. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11841

Rahmi, Z. (2019). Lingkungan belajar sebagai pengelolaan kelas: Sebuah kajian literatur. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 1–7. https://doi.org/10.24036/et.v7i2.107071

Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media pembelajaran, fasilitas dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar selama pandemi covid-19. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v8i1.13598

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

UPI, T. pengembang ilmu pendidikan. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Imperial Bhakti Utama. https://www.academia.edu/31745413/Ilmu_dan_aplikasi_pendidikan

Yuliana, E., Nirmala, S., & Ardiasih, L. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196

Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. (1990). Student differences in self-regulated learning: Relating grade, sex, and giftedness to self-efficacy and strategy use. Journal of Educational Psychology, 82(1), 51–59. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.82.1.51

Zubir, Y., & Fandri, D. (2017). Correlation Between A Self-Regulated Learning to Student Workers Academic Achievement. Glocal-Based Education And Training, 3, 313–315. https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.55

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Abbas, A. B., & Rizki, N. A. (2023). Mediasi regulasi diri atas pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 51–60. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.2108

Issue

Section

Articles