Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa, di semester 2 kelas VIII SMP Negeri  Samarinda Ulu tahun ajaran 2022, dan juga menyelidiki apakah variabel regulasi diri merupakan mediasi dari pengaruh tersebut. Pengumpulan data dengan kuesioner dan tes hasil belajar diterapkan terhadap 380 Siswa dari 4 lembaga sekolah negeri jenjang SMP, yang diperoleh melalui Proportional Cluster Random Sampling. Pemodelan persamaan struktural diterapkan, yang didahului dengan analisis faktor konfirmasi untuk memantapkan pengukuran bagi tiga variabel yang diteliti. Hasil menunjukan bahwa lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika Siswa, dengan regulasi diri sebagai mediasi parsial.


 

Keywords

Lingkungan belajar Mediasi Hasil belajar

Article Details

How to Cite
Abbas, A. B., & Rizki, N. A. (2023). Mediasi regulasi diri atas pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 51-60. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.2108

References

  1. Akbar, B., Tayeb, T., Afiif, A., Munirah, & Munawarah. (2022). Pengaruh Regulasi Diri dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.24252/ajme.v4i1.28842
  2. Asmawati, A. A., Sugeng, S., & Labulan, P. M. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.391
  3. Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777
  4. Hu, H., & Driscoll, M. (2009). Self-Regulated Learning (SRL) in Community College Student Success. 2009 Annual Proceedings - Louisville, 1(1), 182–186.
  5. Koro, M., Wonda, H., & Seran, M. A. A. (2022). The Effect Of Self Regulated Learning On Learning Outcomes Through Learning Motivation In Class V In The Lituk Cluster, South Atambua District. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 9(2), 126–138.
  6. Natun, A. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan regulasi diri terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Singaraja [Skripsi, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA]. https://repo.undiksha.ac.id/159/
  7. Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140
  8. Ole, A. A., & Dipan, E. G. (2023). Hubungan kondisi lingkungan belajar di sekolah dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 71–78. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i1.2434
  9. Ormrod, J. E., Anderman, E. M., & Anderman, L. H. (2020). Educational Psychology: Developing Learners (10 ed.). Pearson.
  10. Prantauwati, K., Syaiful, S., & Maison, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 3 Tungkal Ulu di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia, 5(3), 3061–3068. https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.994
  11. Pratiwi, N., Sripatmi, S., Sridana, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar pada Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.150
  12. Prawidia, I., & Khusna, H. (2021). Pengaruh suasana lingkungan belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 14(2), 192–207. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11841
  13. Rahmi, Z. (2019). Lingkungan belajar sebagai pengelolaan kelas: Sebuah kajian literatur. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 1–7. https://doi.org/10.24036/et.v7i2.107071
  14. Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media pembelajaran, fasilitas dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar selama pandemi covid-19. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v8i1.13598
  15. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
  16. UPI, T. pengembang ilmu pendidikan. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Imperial Bhakti Utama. https://www.academia.edu/31745413/Ilmu_dan_aplikasi_pendidikan
  17. Yuliana, E., Nirmala, S., & Ardiasih, L. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196
  18. Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. (1990). Student differences in self-regulated learning: Relating grade, sex, and giftedness to self-efficacy and strategy use. Journal of Educational Psychology, 82(1), 51–59. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.82.1.51
  19. Zubir, Y., & Fandri, D. (2017). Correlation Between A Self-Regulated Learning to Student Workers Academic Achievement. Glocal-Based Education And Training, 3, 313–315. https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.55