Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menyelidiki pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa, di semester 2 kelas VIII SMP Negeri Samarinda Ulu tahun ajaran 2022, dan juga menyelidiki apakah variabel regulasi diri merupakan mediasi dari pengaruh tersebut. Pengumpulan data dengan kuesioner dan tes hasil belajar diterapkan terhadap 380 Siswa dari 4 lembaga sekolah negeri jenjang SMP, yang diperoleh melalui Proportional Cluster Random Sampling. Pemodelan persamaan struktural diterapkan, yang didahului dengan analisis faktor konfirmasi untuk memantapkan pengukuran bagi tiga variabel yang diteliti. Hasil menunjukan bahwa lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika Siswa, dengan regulasi diri sebagai mediasi parsial.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.
References
- Akbar, B., Tayeb, T., Afiif, A., Munirah, & Munawarah. (2022). Pengaruh Regulasi Diri dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.24252/ajme.v4i1.28842
- Asmawati, A. A., Sugeng, S., & Labulan, P. M. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.391
- Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777
- Hu, H., & Driscoll, M. (2009). Self-Regulated Learning (SRL) in Community College Student Success. 2009 Annual Proceedings - Louisville, 1(1), 182–186.
- Koro, M., Wonda, H., & Seran, M. A. A. (2022). The Effect Of Self Regulated Learning On Learning Outcomes Through Learning Motivation In Class V In The Lituk Cluster, South Atambua District. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 9(2), 126–138.
- Natun, A. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan regulasi diri terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Singaraja [Skripsi, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA]. https://repo.undiksha.ac.id/159/
- Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140
- Ole, A. A., & Dipan, E. G. (2023). Hubungan kondisi lingkungan belajar di sekolah dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 71–78. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i1.2434
- Ormrod, J. E., Anderman, E. M., & Anderman, L. H. (2020). Educational Psychology: Developing Learners (10 ed.). Pearson.
- Prantauwati, K., Syaiful, S., & Maison, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 3 Tungkal Ulu di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia, 5(3), 3061–3068. https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.994
- Pratiwi, N., Sripatmi, S., Sridana, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar pada Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.150
- Prawidia, I., & Khusna, H. (2021). Pengaruh suasana lingkungan belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 14(2), 192–207. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11841
- Rahmi, Z. (2019). Lingkungan belajar sebagai pengelolaan kelas: Sebuah kajian literatur. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 1–7. https://doi.org/10.24036/et.v7i2.107071
- Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media pembelajaran, fasilitas dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar selama pandemi covid-19. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v8i1.13598
- Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
- UPI, T. pengembang ilmu pendidikan. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Imperial Bhakti Utama. https://www.academia.edu/31745413/Ilmu_dan_aplikasi_pendidikan
- Yuliana, E., Nirmala, S., & Ardiasih, L. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196
- Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. (1990). Student differences in self-regulated learning: Relating grade, sex, and giftedness to self-efficacy and strategy use. Journal of Educational Psychology, 82(1), 51–59. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.82.1.51
- Zubir, Y., & Fandri, D. (2017). Correlation Between A Self-Regulated Learning to Student Workers Academic Achievement. Glocal-Based Education And Training, 3, 313–315. https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.55