Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas siswa kelas X MIPA 5 dari salah satu SMAN di kota Palangka Raya selama pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan blended learning tipe flipped classroom pada pelajaran matematika serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan model blended learning. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 di sekolah tersebut. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan tes yang sudah divalidasi oleh 2 dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Palangka Raya, dan 1 guru matematika di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran berjalan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran flipped classsroom. Rata-rata hasil belajar siswa kelas X MIPA 5 materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel pada tes individual pertama, kedua, ketiga dan keempat secara berturut-turut sebesar 54,17 (cukup tercapai), 59,89 (cukup tercapai), 78,97 (tercapai), dan 85,78 (sangat tercapai). Lebih lanjut, rata-rata nilai siswa pada dan tes akhir yang mencakup keseluruhan indikator sebesar 73,06 (tercapai). Dengan demikian, penerapan model blended learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMA. Peningkatan tersebut disebabkan karena peningkatan keaktifan siswa selama pembelajaran dengan blended learning.

Keywords

Pembelajaran Blended Flipped Classroom Hasil Belajar Matematika

Article Details

How to Cite
Pasaribu, S. D., Mairing, J. P., Punding, W., Aritonang, H., & Purnama, P. S. (2022). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 11-20. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1007

References

  1. Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169
  2. Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flipped Your Classroom: Reach Every Student In Every Class Every Day. The International Society for Technology in Education. https://www.rcboe.org/cms/lib/GA01903614/Centricity/Domain/15451/Flip_your_Classroom.pdf
  3. Halle, R. F. N. (2019). Penerapan model Blended Learning berbasis whatsapp untuk meningkatkan kemandirian belajar, berpikir kritis, dan hasil belajar siswa kelas X MIPA SMAK Kesuma Mataram tahun pelajaran 2018/2019 pada materi usaha dan energi [Skripsi, Sanata Dharma University]. https://repository.usd.ac.id/35722/
  4. Herreid, C. F., & Schiller, N. A. (2013). Case Study: Case Studies and the Flipped Classroom. Journal of College Science Teaching, 42(5), 62–67.
  5. Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827
  6. Marhendra, A. G., Suryaningtiyas, W., & Kristanti, F. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII di SMPN 38 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 10–20. http://dx.doi.org/10.30651/must.v1i1.97
  7. Nasution, N., Jalinus, N., & Syahril, S. (2019). Buku Model Blended Laerning. Unilak Press. http://repository.unp.ac.id/26576/1/0_Buku/Model/Balnded/Learning.pdf
  8. Ningtyas, D. N. N. C., Suriyah, P., & Novianti, D. E. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama.
  9. Purwitasari, D. I., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Penerapan Blended Learning Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 143–152. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2852
  10. Suciati, D. I. (2021). Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Ma’arif Mayak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021 [Diploma, IAIN Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/15190/
  11. Tusa’diyah, H. (2020). Penerapan Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Mekanik Kelas XI MIPA SMAN 2 Payakumbuh. Dalam Https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109591&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain. IAIN Batusangkar. http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/18887
  12. Ulfi, M. S., Holisin, I., & Suprapti, E. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Proceeding Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Surabaya, Article 0. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4350