Main Article Content

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar (X1) dan adversity quotient (X2) terhadap hasil belajar matematika (Y) siswa kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda, yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 325 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling, sehingga sampel terdiri dari 6 kelas. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial dengan taraf signifikan (α) sebesar 5%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata dari data motivasi belajar sebesar 75,83 tergolong kategori sedang, nilai rata-rata data adversity quotient sebesar 53,36% tergolong kategori sedang, dan nilai rata-rata dari hasil belajar matematika siswa adalah 59,33 yang dikategorikan kurang. Dari hasil analisis menggunakan analisis jalur diperoleh sub-struktur 1 signifikan sehingga terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap adversity quotient dengan besar kontribusi 29,7%. Sub-struktur 2 signifikan sehingga terdapat pengaruh motivasi belajar terdapat hasil belajar matematika dengan besar kontribusi 2,2% dan terdapat pengaruh adversity quotient terdapat hasil belajar matematika dengan besar kontribusi 33,9%. Berdasarkan analisis inferensial, maka disimpulkan bahwa motivasi belajar dan adversity quotient berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Motivasi belajar dapat menaikkan adversity quotient dan meningkatkan hasil belajar matematika sedangkan adversity quotient dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Keywords

Motivasi Belajar Adversity Quotient Hasil Belajar Matematika

Article Details

How to Cite
Haeruddin, & Hadijah. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 93-100. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.144

References

  1. Adisasmito, Lilik. (2007). Mental Juara: Modal Atlet Berprestasi. Jakarta: Raja Grafindo persada.
  2. Adz-Dzakiey, Hamdani Bakran. (2005). Prophetic Intelligence Kecerdasan Kenabian. Yogyakarta: Islamika.
  3. Amir, Zubaidah dan Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  4. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.
  5. Komarudin. (2013). Psikologi Olahraga: Latihan Mental Dalam Olahraga Kompetitif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Kurniadin, Didin dan Imam Machali. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  7. Mustofa, Bisri. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Paranama.
  8. Nashori. (2007). Adversity Quotient: Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.
  9. Uno, Hamzah. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.