Main Article Content

Abstract

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran di masa pandemi sekarang ini supaya tetap dapat berjalan dengan menggunakan aplikasi google classroom. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang dapat digunakan. Melalui aplikasi ini diharapkan semua kegiatan pembelajaran khususnya aktivitas siswa dalam pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi perbandingan yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi google classroom. Aktivitas siswa meliputi kegiatan dalam kegiatan kelompok kecil dan mengerjakan tugas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menerapkan pre-eksperimen pada sampel siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Megaluh Jombang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa berada dalam kategori cukup aktif dan aktif sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dan menunjukkan hasil pada kategori sedang dan tinggi.

Keywords

Google Classroom Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Aktivitas Belajar Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Nurmilah, R., & Lestari, F. A. (2022). Penerapan Pembelajaran Melalui Google Classroom Pada Siswa SMP Negeri 1 Megaluh Jombang. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 101-110. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1390

References

  1. Arends, R. I. (1997). Classroom Instruction and Management (1st edition). McGraw-Hill.
  2. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5 ed.). SAGE Publications.
  3. Hulukati, E., Achmad, N., & Bau, M. A. (2021). Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10061
  4. Kurniawan, A. P. (2015). Strategi pembelajaran Matematika. IAIN Sunan Ampel Press. http://digilib.uinsby.ac.id/20207/
  5. Lutfiyah, L., & Sulisawati, D. N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.716
  6. Nirfayanti & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), Art. 1.
  7. Nurmilah, R., & Rozak, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Pokok Perbandingan Di SMPN II Megaluh Jombang. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), Art. 2. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.258
  8. Puspa, N. A., Sutiarso, S., & Asnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(3), Art. 3.
  9. Slavin, R. E. (1994). Educational Psychology: Theory and Practice. Allyn & Bacon.
  10. Sudarsana, I. K. G. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 176–186. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781885
  11. Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung. Logika: Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 16(1), Art. 1.
  12. Susanto, W. E., & Astuti, Y. G. A. (2017). Perancangan E-Learning Berbasis Web Pada SMP Negeri 3 Patuk Gunungkidul Yogyakarta. Bianglala Informatika, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.31294/bi.v5i2.2806
  13. Wungguli, D., & Yahya, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.5376