Pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Midanutta’lim Mayangan Jogoroto Jombang
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.2886Keywords:
Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan, Prestasi Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan (1) mengetahui bagaimana kecerdasan emosional memengaruhi prestasi belajar matematika, (2) mengetahui bagaimana kedisiplinan memengaruhi prestasi belajar matematika, (3) mengetahui bagaimana kecerdasan emosional dan kedisiplinan memengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Midanutta’lim. Penelitian kuantitatif metode korelasional pada penelitian ini menggunakan populasi semua siswa kelas IX MTs Midanutta’lim dan kelas IX-D sebagai sampel penelitian. Adapun instrumen penelitian menggunakan lembar angket kecerdasan emosional dan kedisiplinan. Sebelum digunakan, intrumen ini diuji validitasnya. Hasil Penilaian Tengah Semester matematika digunakan untuk mendapatkan data prestasi belajar. Analisis data dilakukan menggunakan perhitungan regresi linear berganda. Sebagai hasil dari pengolahan data diperoleh (1) kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika, (2) kedisiplinan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matemtaika, dan (3) kecerdasan emosional dan kedisiplinan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Koefisien determinasi yang bernilai 0,162 menginterpretasikan bahwa kecerdasan emosional dan kedisiplinan memengaruhi prestasi belajar matematika kelas IX MTs Midanutta’lim sebesar16,2% sedangkan 83,8% dipengaruhi oleh komponen lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Downloads
References
Aditya, D. Y., Solihah, A., & Julaeha, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penguatan Minat dan Disiplin Belajar. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(6), 302–314.
Aghnia, F. (2023). Analisis Multiple Intelligence Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 5, 556–567.
Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(2), 2–8.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Hidayatuloh, A. N. W., Darmono, P. B., & ... (2021). Pengaruh Kedisiplinan Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 9 Purworejo. Prosiding …, 365–368. https://mahasiswa.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/sendika/article/view/1472
Ikhfani, N. N., & Iffah, J. D. N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Somatic Auditori Visual Intelektual (SAVI) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Jombang. Prosiding Conference on Research and Community Services, 5(1), 275–284. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/CORCYS/article/view/3270/2370
Irwani, T. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.47647/jsh.v3i2.317
Kelly, K. (2022). Kewajiban dan kedisiplinan belajar siswa. WIDYA WASTARA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 87–94.
Lestari, A., & Sugeng, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sosial, Dan Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Dan SMAN 5 Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.134
Muslihudin, A. (2019). Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Video Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Suganangan. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 74–86. https://doi.org/10.31949/jee.v2i1.1481
Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 384–399. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485
Oktavia, D., Cahya, NilamOktavia, D., Cahya, N., Hafis, A. A., & Amaliyah, F. (2023). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Sadang (Vol. 3, I. 1). https://unu-ntb. e-journal. id/pac., Hafis, A. A., & Amaliyah, F. (2023). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Sadang. 3(1), 2807–1107. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu
Permatasari, B. I., & Sari, T. H. N. I. (2022). Pengaruh Persepsi Kedisiplinan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 136–142. https://doi.org/10.36277/defermat.v5i2.275
Purnama, I. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 233–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.995
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rusni, R., & Agustan, A. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1233
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sukarmin. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gentungang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/2735-Full_Text.pdf
Syuhera, Z. R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan terhadap Prestasi belajar Matematika Siswa Kelas XI MIA SMA N 1 Purwosari.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
Yapono, F. (2013). Konsep-Diri, Kecerdasan Emosi Dan Efikasi-Diri. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 208–216. https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.136
Zulifah, N. (2011). Hubungan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aisyah Nur Azizah, Liana Nur Fatimah, Shafila Alfi Putri Dzulrochmah, Yasfian Alfi Fu'adi, Zahrotul Mufarikha, Ama Noor Fikrati, Jauhara Dian Nurul Iffah, Nurwiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.