Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metakognisi siswa SD, SMP, dan SMA dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan hasil penelitian-penelitian sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan metode Systematic Literature Review. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metakognisi awareness pada siswa SD, SMP, dan SMA yaitu memikirkan apa yang telah diketahui dan ditanyakan pada masalah dan memikirkan apakah semua informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, siswa SMP juga dapat mengingat kembali apakah pernah menyelesaikan masalah seperti ini sebelumnya, memikirkan apakah pengetahuan sebelumnya dapat membantu menyelesaikan masalah, serta menghubungkan apa yang telah diketahui dan ditanyakan pada masalah dengan pengetahuan sebelumnya. Pada metakognisi regulation, siswa dapat memilih langkah-langkah penyelesaian yang sesuai dengan informasi yang terdapat pada masalah dan menerapkan langkah-langkah penyelesaian yang telah dipilih untuk menyelesaikan masalah. Dalam hal ini, siswa SMP juga dapat memikirkan langkah-langkah penyelesaian yang berhubungan dengan pengetahuan sebelumnya. Pada metakognisi evaluation, siswa memeriksa kembali apakah semua langkah-langkah penyelesaian sudah diterapkan dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, siswa SMA juga dapat memutuskan bahwa langkah yang digunakan sudah sesuai dan penyelesaian yang diperoleh sudah benar.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.
References
- Alamsyah, A., & Subanji. (2018). Proses Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended. Prosiding Silogisme, 1(1), Article 1. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PSNPM/article/view/599
- Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Deepublish. https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-metakognisi-siswa/
- Hastuti, I. D., Surahmat, Sutarto, & Dafik. (2020). Shifting of perfective metacognitive activities in solve math problems. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1), 1–18. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012041
- Juhandana, M. K., & Nusantara, T. (2016). Deskripsi Metakognisi Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pemecahan Masalah Persamaan Kuadrat dengan Menggunakan Mapping Mathematics. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Guru Dan Dosen 2016, 1, 335–351.
- Kartika, H., & Firmansyah, D. (2019). Peran Kesadaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 3(2), 99–104. http://dx.doi.org/10.31949/th.v3i2.1183
- Kuzle, A. (2013). Patterns of Metacognitive Behavior During Mathematics Problem-Solving in a Dynamic Geometry Environment. International Electronic Journal of Mathematics Education, 8(1), 20–40. https://doi.org/10.29333/iejme/272
- Latifa, A. N., Subanji, S., & Hidayanto, E. (2020). Metakognisi Siswa Bergaya Kognitif Field-Independent Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(1), 1–12.
- Magiera, M. T., & Zawojewski, J. S. (2011). Characterizations of Social-Based and Self-Based Contexts Associated With Students’ Awareness, Evaluation, and Regulation of Their Thinking During Small-Group Mathematical Modeling. Journal for Research in Mathematics Education, 42(5), 486–520. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.42.5.0486
- Pratama, N. I., Kamid, & Efendi, M. H. (2020). Analisis Proses Metakognitif Siswa Tipe Kepribadian Idealist, Artisan, Guardian Dan Rational Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 6(2), 71–82. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1940
- Rachmady, R., Anggo, M., & Busnawir, B. (2019). Analisis Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 4(1), 35–44. http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v4i1.6927
- Riyadi, I. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Metakognisi Untuk Peningkatan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Deepublish.
- Sasongko, D. F., Subanji, S., & Sulandra, I. M. (2018). Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Trigonometri. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(2), 82–95.
- Setyaningrum, D. U., & Mampouw, H. L. (2020). Proses Metakognisi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 275–286. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.663
- Sigalingging, J. J. A., Muksar, M., & Qohar, A. (2019). Proses Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah High Order Thinking. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(12), 1643–1654. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13084
- Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2007). Psikologi Kognitif. Erlangga.
- Sutama, Anif, S., Prayitno, H. J., Narimo, S., Fuadi, D., Sari, D. P., & Adnan, M. (2021). Metacognition of Junior High School Students in Mathematics Problem Solving Based on Cognitive Style. Asian Journal of University Education, 17(1), 134–144. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12604
- Tampi, W., Subanji, S., & Sisworo, S. (2016). Proses Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2118–2125. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.7962
- Wilson, J., & Clarke, D. (2004). Towards the Modelling of Mathematical Metacognition. Mathematics Education Research Journal, 16(2), 25–48. https://doi.org/10.1007/BF03217394