Main Article Content

Abstract

Penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-I SMP Negeri 10 Samarinda melalui model Quantum Teaching pada materi pokok sudut dan garis-garis sejajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-I dan objek penelitian adalah model quantum teaching. Peneliti sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan guru sebagai observator guru matematika. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, tugas dan tes. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan teknik kuantitatif untuk menganalisis tugas dan tes yang sesuai dengan indikator peningkatan yang telah ditentukan. Nilai hasil belajar diperoleh dari nilai tugas dan nilai tes hasil belajar tiap siklus. Nilai rata-rata ulangan harian pada materi himpunan dijadikan sebagai nilai dasar pada siklus I, yaitu 26,83 menjadi 72,97 dengan persentase ketuntasan sebesar 72,22%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 72,97 menjadi 75,11 dengan persentase ketuntasan 75%. Demikian juga dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar 75,11 menjadi 76,43 dengan persentase ketuntasan 83,33%. Aktivitas guru pada siklus I dinilai cukup, siklus II dan III dinilai baik. Aktivitas siswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut dinilai kurang, cukup dan baik.

Keywords

Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Quantum Teaching

Article Details

How to Cite
Sari, Y. A., Abbas, A. B., & Azainil, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Quantum Teaching Siswa SMP Negeri 10 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 81-88. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.416

References

  1. Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  3. Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
  4. Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya