Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan E-learning Berbasis MOODLE terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ahmad Syamsudin SMP Negeri 21 Samarinda
  • Lambang Subagiyo Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Laili Komariyah Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.666

Keywords:

Problem Based Learning, E-Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian/inixbertujuan/untuk mengetahu/pengaruhxmodelxpembelajaran problem\based/learning berbantuan/ e-learning berbasis MOODLE terhadap hasil belajar siswa serta respon siswa terhadap model pembelajaran. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif.xSubjek/dalam\penelitian\ini/adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Samarinda dengan jumlahLsampel sebanyak[30/siswa/pada[kelasLVIII C sebagainLkelas eksperimenXdan/30\siswa pada kelas\VIII/D sebagai/kelas/kontrol. Pengumpulan data\menggunakanxteknik tes berupa 10 butir soal essai untuk mengetahui\hasilxbelajar/siswa yaitu-berupa/pre-test dan post-test./Hasil penelitian menunjukkan bahwa\terdapat pengaruhXpenggunaanLmodel\problem/based/learning berbantuan e-learning berbasis MOODLE terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari selisih rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 71,17 dan kelas kontrol 58,37 dengan perbedaan pengaruh yang signifikan dengan nilai-t hitung 3,951 dan probabilitas sig. 0,000. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fendy, Pipit Yusuf. 2017. “Pengembangan”E-Learning”Berbasis Moodle Untuk Peserta Kursus Di Swift English School Yogyakarta.” E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan VI(8):813–27.

Hanum, Numiek Sulistyo. 2013. “Keefetifan”E-Learning Sebagai”Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran e-Learning SMK”Telkom Sandhy Putra Purwokerto).” Jurnal Pendidikan Vokasi 3(1):90–102. doi: 10.21831/jpv.v3i1.1584.

Jihad, A dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Rahmayani, Sri Siska dan Juniar Hutahaean. 2017. “Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas X semester II pada materi pokok suhu dan kalor di SMA”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.6 No.2, Desember 2017

Sudjana, N. 2013. Penialian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabetta.

Surjono, Herman Dwi. 2013. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Syamsudin, A., Subagiyo, L. ., & Komariyah, L. . (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan E-learning Berbasis MOODLE terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 95–104. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.666

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>