Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan E-learning Berbasis MOODLE terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.666Keywords:
Problem Based Learning, E-Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian/inixbertujuan/untuk mengetahu/pengaruhxmodelxpembelajaran problem\based/learning berbantuan/ e-learning berbasis MOODLE terhadap hasil belajar siswa serta respon siswa terhadap model pembelajaran. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif.xSubjek/dalam\penelitian\ini/adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Samarinda dengan jumlahLsampel sebanyak[30/siswa/pada[kelasLVIII C sebagainLkelas eksperimenXdan/30\siswa pada kelas\VIII/D sebagai/kelas/kontrol. Pengumpulan data\menggunakanxteknik tes berupa 10 butir soal essai untuk mengetahui\hasilxbelajar/siswa yaitu-berupa/pre-test dan post-test./Hasil penelitian menunjukkan bahwa\terdapat pengaruhXpenggunaanLmodel\problem/based/learning berbantuan e-learning berbasis MOODLE terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari selisih rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 71,17 dan kelas kontrol 58,37 dengan perbedaan pengaruh yang signifikan dengan nilai-t hitung 3,951 dan probabilitas sig. 0,000. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Darmadi. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Fendy, Pipit Yusuf. 2017. “Pengembangan”E-Learning”Berbasis Moodle Untuk Peserta Kursus Di Swift English School Yogyakarta.” E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan VI(8):813–27.
Hanum, Numiek Sulistyo. 2013. “Keefetifan”E-Learning Sebagai”Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran e-Learning SMK”Telkom Sandhy Putra Purwokerto).” Jurnal Pendidikan Vokasi 3(1):90–102. doi: 10.21831/jpv.v3i1.1584.
Jihad, A dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Rahmayani, Sri Siska dan Juniar Hutahaean. 2017. “Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas X semester II pada materi pokok suhu dan kalor di SMA”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.6 No.2, Desember 2017
Sudjana, N. 2013. Penialian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabetta.
Surjono, Herman Dwi. 2013. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.