Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda pada Materi Momentum dan Impuls
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i2.3735Keywords:
Project Based Learning, Kreativitas Siswa, Momentum dan ImpulsAbstract
Kreativitas merupakan kemampuan esensial yang perlu dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan dalam perkembangan pendidikan yang terus berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model project based learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda dalam membuat proyek pada materi momentum dan impuls serta menilai respon siswa terhadap model tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner dari 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL memberikan dampak positif terhadap kreativitas siswa, yang mencapai skor 90,27 dan masuk dalam kriteria "sangat kreatif." Respon siswa terhadap model ini juga positif, dengan skor rata-rata 2,55. Penerapan PjBL terbukti signifikan dalam meningkatkan kreativitas, memungkinkan siswa berpikir lancar, fleksibel, orisinal, dan mampu melakukan elaborasi ide dengan baik.
Downloads
References
Alpian, Y., Anggraeni, S.W., Wiharti, U., & Soleha, N.M. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.
Dewi, A.C., Firdaus, A., Fauzan, A., Maulani, I., Patila, I., & Almes, A. (2024). Pendidikan menjadi Pondasi dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. JIMA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 55-63.
Fahrunnisa & Handayani, Y. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi Kelas X di SMAN 13 Makassar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 258-265. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4255.
Haryadi, R., & Yusifa, A. (2021). Metode Hypnoteaching terhadap Pembelajaran Fisika. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 50-61. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.70.
Lestari, Hadarah, Soleha. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. Edois: International Jurnal of Islamic Education. 1(2), 49-58. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3710.
Natty, R.A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262.
Nuranggraeni, E., Effendi, K.N.S., & Sutirna. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066.
Sari, I.D.M., Zuhri, M.S., & Rubowo, M.R. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(5), 391-400. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6548.
Sukardi. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika.
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88. https://doi.org/10.30596/edutech.v5i1.2982.
Wnorto, & Ratnaningsih. (2022). Problematika Pengembangan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Persepsi Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 27-40. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.760.
Zaharah & Silitonga, M. (2023). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(3), 139-150. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28659.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sherli Risma Pangestu, Muliati Syam, Puardmi Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.