Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda pada Materi Momentum dan Impuls

Authors

  • Sherli Risma Pangestu Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Muliati Syam Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Puardmi Damayanti Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i2.3735

Keywords:

Project Based Learning, Kreativitas Siswa, Momentum dan Impuls

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan esensial yang perlu dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan dalam perkembangan pendidikan yang terus berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model project based learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda dalam membuat proyek pada materi momentum dan impuls serta menilai respon siswa terhadap model tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner dari 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL memberikan dampak positif terhadap kreativitas siswa, yang mencapai skor 90,27 dan masuk dalam kriteria "sangat kreatif." Respon siswa terhadap model ini juga positif, dengan skor rata-rata 2,55. Penerapan PjBL terbukti signifikan dalam meningkatkan kreativitas, memungkinkan siswa berpikir lancar, fleksibel, orisinal, dan mampu melakukan elaborasi ide dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S.W., Wiharti, U., & Soleha, N.M. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Dewi, A.C., Firdaus, A., Fauzan, A., Maulani, I., Patila, I., & Almes, A. (2024). Pendidikan menjadi Pondasi dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. JIMA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 55-63.

Fahrunnisa & Handayani, Y. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi Kelas X di SMAN 13 Makassar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 258-265. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4255.

Haryadi, R., & Yusifa, A. (2021). Metode Hypnoteaching terhadap Pembelajaran Fisika. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 50-61. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.70.

Lestari, Hadarah, Soleha. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. Edois: International Jurnal of Islamic Education. 1(2), 49-58. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3710.

Natty, R.A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262.

Nuranggraeni, E., Effendi, K.N.S., & Sutirna. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066.

Sari, I.D.M., Zuhri, M.S., & Rubowo, M.R. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(5), 391-400. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6548.

Sukardi. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88. https://doi.org/10.30596/edutech.v5i1.2982.

Wnorto, & Ratnaningsih. (2022). Problematika Pengembangan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Persepsi Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 27-40. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.760.

Zaharah & Silitonga, M. (2023). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(3), 139-150. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28659.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Pangestu, S. R., Syam, M., & Damayanti, P. (2024). Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 5(2), 149–155. https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i2.3735

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>