Main Article Content

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran berkaitan dengan penerapan konsep transformasi geometri menjadi desain batik Lia Maido menggunakan aplikasi Desmos. Lia Maido berasal dari bahasa Tidung dan Toraja. Lia berarti merah dan Maido berarti hijau. Penggunaan desmos sebagai proses literasi digital bagi guru dan peserta didik pada pembelajaran matematika tentang transformasi geometri. Penerapan konsep transformasi geometri dalam membuat desain batik Lia Maido menggunakan aplikasi desmos dilakukan dalam tiga tahapan. Tahap pertama merancang bangun utama yang akan ditransformasikan, pada desain batik Lia Maido, terdiri atas tiga bangun utama yaitu bidang segi delapan beraturan, bidang persegi, dan bidang segi enam. Tahap kedua mengakses aplikasi desmos dan membuat folder untuk memasukkan titik koordinat dari tiga bangun utama. Tahap ketiga melakukan proses transformasi geometri dari tiga bangun utama di desmos, sehingga diperoleh 3 bangun hasil translasi, 71 bangun hasil refleksi dan 23 bangun hasil rotasi. Penerapan transformasi geometri dalam desain batik melatih peserta didik berfikir kritis, kreatif dalam memecahkan masalah sehingga diperoleh desain pola batik yang diharapkan .Desain batik Lia Maido dari SMAN 1 Nunukan telah berhasil direalisasikan menjadi kain batik, yang di dalamnya memuat materi Transformasi Geometri yaitu Translasi (pergeseran), Refleksi (pencerminan), dan Rotasi (perputaran).

Keywords

Transformasi Geometri Desain batik Lia Maido Desmos

Article Details

How to Cite
Hidayati, H., & Sugeng, S. (2021). Penerapan Transformasi Geometri Pada Desain Batik Lia Maido Menggunakan Desmos. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 99-106. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.711

References

  1. Albab, I. U., Hartono, Y., & Darmawijoyo. (2014). Kemajuan Belajar Peserta didik pada Geometri Transformasi Menggunakan Aktivitas Refleksi Geometri. Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan, (3), 338–348. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2378
  2. Desmos. (n.d.). About Us. Retrieved https://www.desmos.com/about.
  3. Ebert, D. (2015). Graphing Projects with Desmos. The Mathematics Teacher, 108(5), 388–391. https://doi.org/10.5951/mathteacher.108.5.0388
  4. Indra, R.I., Novrika, D., Hartono, Y. (2020). Desain Pembelajaran Materi Refleksi Menggunakan Motif Kain Batik Untuk Peserta didik Kelas VII. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika 2, hal 607-626.
  5. King, A. (2017). Using Desmos to Draw in Mathematics. Australian Mathematics Teacher, 73(2), 33–37.
  6. Kristanto, Y. D. (2019). Creating Interactive and Mathematically Rich Activity with Desmos. In Learning Mathematics Joyfully and Meaningfully. SEAMEO Regional Centre for QITEP in Mathematics.
  7. Maulani, F.I., Zanthy, L.S. (2020). Analisis Kesulitan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Skripsi. Cimahi: Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi.
  8. Prasetyo, S.A. (2016). Karakteristik Motif Batik Kendal Interpretasi dari Wilayah dan Letak Geografis. Imajinasi: Jurnal Seni, 10 (1), 51-60. https://doi.org/10.15294/imajinasi.v10i1.8816
  9. Sudirman, S., Rosyadi, R., Lestari, W.D. (2017). Penggunaan Etnomatematika Pada Karya Seni Batik Indramayu Dalam Pembelajaran Geometri Transformasi. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2, No. 1.
  10. Trixie, A.A,. (2020). Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Skripsi. Surabaya: Fakultas Industri Kreatif, Universitas Ciputra.