Main Article Content

Abstract

Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control internal dan interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 256 siswa di SMP Negeri 9 Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel 157 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes hasil belajar matematika, dan sebelum digunakan untuk pengambilan data, dilakukan uji coba pada siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Samarinda sebanyak 59 siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa locus of control internal dan interaksi sosial siswa tergolong tinggi, sedangkan untuk hasil belajar siswa tergolong pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial, diperoleh persamaan regresi dugaan, yaitu Y=34,702+0310X1+0,234X2 dengan nilai probabilitas ρ=0,000. Untuk α=5%, ternyata ρ<α sehingga persamaan regresi yang diperoleh berarti dengan R2 sebesar 0,235. Untuk variabel locus of control internal(X1) diperoleh nilai probabilitas ρ=0,003 dan untuk variabel interaksi sosial (X2) diperoleh nilai probabilitas ρ=0,017, sehingga terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh locus of control internal dan interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda.

Keywords

Locus of Control Internal Interaksi Sosial Hasil Belajar Matematika

Article Details

How to Cite
Islamiati, D., Haeruddin, H., & Sugeng, S. (2021). Pengaruh Locus Of Control Internal Dan Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 19-26. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.434

References

  1. Ahmadi, A. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  3. Ghufron, M. N., & Rini, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Gitosudarmo, I., & Nyoman, S. (2000). Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
  5. Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Djambatan.
  6. Herimanto, W. (2008). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Muchlas, M. (2012). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  8. Syarbaini, S., & Rusdiyanta. (2009). Dasar-Dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Most read articles by the same author(s)