Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk pecahan pada materi Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi di kelas XI TKJ/MM SMK. Penelitian ini merupakan penelitian dengan subjek penelitian terdiri dari siswa kelas XI TKJ/MM SMK sebanyak 33 siswa dan objeknya adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bentuk pecahan. Data penelitian dikumpulkan dari dokumen jawaban hasil instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari 4 butir soal uraian dan pedoman wawancara dilakukan terhadap siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber penelitian melalui wawancara terhadap guru matematika yang mengajar dikelas di XI TKJ/MM SMK. Hasil penelitian diketahui bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk pecahan pada materi Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi terdiri dari (1) kesalahan memahami konsep, (2) kesalahan algoritma, (3) kesalahan operasi dan (4) kesalahan hitung.

Keywords

Kesalahan siswa Menyelesaikan Soal Bentuk Pecahan

Article Details

How to Cite
Karlina, D. P., Azainil, A., & Sugeng, S. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Pecahan Pada Komposisi Dan Invers Fungsi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 31-40. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1050

References

  1. Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Pers.
  2. Ashlock, D. (2005). Application of evolutionary computation to bioinformatics. In Genome Exploitation: Data Mining the Genome. https://doi.org/10.1007/0-387-24187-6_2
  3. Astuty, K. Y. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 2(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/3886
  4. Nurianti, E., Halini, & Ijudin, R. (2015). Analisis Kealahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9), 1–11. https://doi.org/10.26418/JPPK.V4I9.11187
  5. Ramlah, R., Bennu, S., & Paloloang, B. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani. JIPMat. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1245
  6. Sahriah, S., Muksar, M., & Lestari, T. E. (2012). Analisis Kesalaahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal online Universitas Negeri Malang.
  7. Trizulfianto, Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.30738/.V5I2.1229

Most read articles by the same author(s)