Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Pecahan Pada Komposisi Dan Invers Fungsi
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1050Keywords:
Kesalahan siswa, Menyelesaikan Soal, Bentuk PecahanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk pecahan pada materi Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi di kelas XI TKJ/MM SMK. Penelitian ini merupakan penelitian dengan subjek penelitian terdiri dari siswa kelas XI TKJ/MM SMK sebanyak 33 siswa dan objeknya adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bentuk pecahan. Data penelitian dikumpulkan dari dokumen jawaban hasil instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari 4 butir soal uraian dan pedoman wawancara dilakukan terhadap siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber penelitian melalui wawancara terhadap guru matematika yang mengajar dikelas di XI TKJ/MM SMK. Hasil penelitian diketahui bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk pecahan pada materi Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi terdiri dari (1) kesalahan memahami konsep, (2) kesalahan algoritma, (3) kesalahan operasi dan (4) kesalahan hitung.
Downloads
References
Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Pers.
Ashlock, D. (2005). Application of evolutionary computation to bioinformatics. In Genome Exploitation: Data Mining the Genome. https://doi.org/10.1007/0-387-24187-6_2
Astuty, K. Y. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 2(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/3886
Nurianti, E., Halini, & Ijudin, R. (2015). Analisis Kealahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9), 1–11. https://doi.org/10.26418/JPPK.V4I9.11187
Ramlah, R., Bennu, S., & Paloloang, B. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani. JIPMat. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1245
Sahriah, S., Muksar, M., & Lestari, T. E. (2012). Analisis Kesalaahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal online Universitas Negeri Malang.
Trizulfianto, Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.30738/.V5I2.1229
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.