Main Article Content

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan yaitu mengembangkan media pembelajaran e-modul interaktif berbantuan aplikasi anyflip pada materi lingkaran SMP dan mengetahui kevalidan serta keefektifan penggunaan e-modul pada saat pembelajaran daring. Penelitian pengembangan ini menerapkan model penelitian 4-D, namun dalam pengembangannya hanya pada tahap 3-D yang meliputi: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan media (develop). Penelitian ini meliputi uji validitas pakar media oleh dosen ahli, uji validitas pakar materi oleh guru matematika SMP dan uji percobaan produk oleh siswa sebanyak 10 orang. Hasil akhir yang diperoleh pada uji validitas ahli media yaitu dengan persentase nilai 73% dengan keterangan bahwa e-modul ini cukup valid dan revisi secukupnya. Hasil akhir yang diperoleh dari ahli materi yaitu dengan persentase nilai 86,25% dengan keterangan bahwa e-modul valid dan tidak revisi. Hasil akhir untuk uji coba produk diperoleh hasil persentase nilai 77,75% dengan keterangan bahwa e-modul efektif. Sehingga pengembangan media pembelajaran E-modul Interaktif berbantuan aplikasi anyflip pada materi lingkaran efektif digunakan sebagai media pembelajaraan saat proses pembelajaran daring.

Keywords

Aplikasi Anyflip E-modul Interaktif Lingkaran Media Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbantuan Aplikasi Anyflip Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1047

References

  1. Anggelina, R., & Sylvia, I. (2021). Efektivitas E-Modul Pembelajaran Sosiologi Berbasis Anyflip dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Siswa Kelas XI di SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.157
  2. Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 83–98. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6940
  3. Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Persamaan Lingkaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099–1111. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3123
  4. Ikmawati, & Badariyah, A. N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Matriks Untuk Kelas X SMK Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33–42. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.139
  5. Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 3(1), 47. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v3i1.11135
  6. Kusumaningrum, S. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas III Di SDN Kota Serang. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1142–1151. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8417
  7. Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811
  8. Rohman, A., Mustaji, M., & Fatirul, A. N. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Sistem Bilangan Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.21067/jip.v11i1.5306
  9. Santika, A., & Sylvia, I. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial Kelas X di SMA N 3 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 285–296. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.128
  10. Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Bloomington: Indiana University.
  11. Widoyoko, E. P. (2014). Evaluasi Program Pembelajar: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar.
  12. Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139–144. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809
  13. Wulandari, S., Octaria, D., & Mulbasari, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Builder Berbasis Contextual Teaching and Learning. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 5(2), 389–402.
  14. Yunus, A., Hilal, A., Agama, I., & Negeri, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft PowerPoint pada Materi Peluang Pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat. 227–242