Main Article Content

Abstract

Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, lingkungan sosial dan variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Matriks di kelas XI IPA SMAN 3 dan SMAN 5 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional cluster random sampling dan diperoleh sampel berukuran 201 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket disiplin belajar, lingkungan sosial, variasi gaya mengajar guru dan tes hasil belajar matematika, yang sebelumnya keempat instrumen itu dilakukan ujicoba. Analisis data dengan teknik regresi linear ganda diperoleh persamaan regresi dugaan ŷ=−55,691+0,418x1+0,464x2+0,321x3, dengan F=11.512, pada α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar, lingkungan sosial dan variasi gaya mengajar guru secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan sumbangan sebesar 13,6%. Secara parsial disiplin belajar, lingkungan sosial dan variasi gaya mengajar guru memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SMA, secara berurutan sebesar r2=5,1%; r2=7,0% ; dan r2=5,3%.

Keywords

Disiplin Belajar Lingkungan Sosial Variasi Gaya Mengajar Guru Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Lestari, A., & Sugeng, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sosial, Dan Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Dan SMAN 5 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.134

References

  1. Asmani, J.M. (2013). 7 Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Diva Press.
  2. Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  3. Farahdiba, T.S, Mahmud, H.R, dan Linda, V. (2017). Penerapan Keterampilan Mengadakan Variasi Stimulus Pada Proses Mengajar di Kelas 4 dan 5 SDN Lampageu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, Vol. 2 No. 1.
  4. Jati, T.K. (2016). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA (Survey Pada SD Segugus I di Kecamatan Kasihan Bantul). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah dasar Edisi 16 Tahun ke-5 2016.
  5. Jeffrey, I dan Zein. (2017). The Effects of Achievement Motivation, Learning Dicipline, dan Learning Facilities on Student Learning Outcomes. International Journal of Development Research, Vol. 07, Issue. 09.
  6. Johari, Amin. (2006). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, dan Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri PGRI 1 Kebumen Tahun Ajaran 2005/2006. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  7. Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan pembelajaran Kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  8. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Saputro, S.T., dan Pardiman. (2012). Pengaruh Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1, Tahun 2012.
  10. Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  11. Sugeng. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Samarinda: Purry Kencana Mandiri.
  12. Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  13. Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  14. Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali.
  15. Thoha, I dan Wulandari. (2016). The Effect of Parents Attention and Learning Discipline on Economics Learning Outcomes. IOSR Journal of Research & Method in Education, Vol 6, Issue 2, Ver. 1.
  16. Walgito, B. (2008). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
  17. Wahyudi, E.T. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Virgo Fidelis Bawen Tahun 2009/2010. Skripsi Online. Semarang: FKIP UNNES.
  18. Warantika, D. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial, Kondisi Ruang Kelas, dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP se-Kecamatan Samarinda Utara Tahun Ajaran 2014/2015. Samarinda: Universitas Mulawarman.
  19. Yopita, Sari. (2011). Hubungan antara Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 4 Metro Utara Kota Metro. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
  20. Yuliyani, N.F. (2013). Hubungan Antara Lingkungan Sosial dengan Motivasi Belajar di Pesantren Madinatul Islamiyah. Spektrum PLS Vol.1, No.2.
  21. Yuliatun. (2012). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VII MTs Al Irsyad Ngawi Tahun Ajaran 2011/2012. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.