Pengaruh Kesiapan Belajar dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.237Keywords:
Kesiapan Belajar, Interaksi Teman Sebaya, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 189 siswa kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 siswa atau 5 kelas yang dipilih menggunakan metode/teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan regresi linier ganda diperoleh persamaan model regresi dugaan yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kesiapan belajar dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa (Sig.=0,000 pada α=0,05); kontribusi kedua variabel bebas itu sebesar R2=0,403. Hasil pengujian variabel kesiapan belajar diperoleh Sig.=0,000; sehingga diperoleh terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika. Untuk variabel interaksi teman sebaya diperoleh Sig.=0,012; sehingga diperoleh terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika.
Downloads
References
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembe-lajaran. Alfabeta.
Bujuri, A.P., Pargito, Sudarmi. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Swadhipa. Jurnal Penelitian Geografi. 3(1): 1-14.
Devisafitri, A., & Pramonoadi. (2019). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Wringinanom Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matema-tika, 9(2): 73-76. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i2:.2119
Dhorifah, M. (2017). Pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Sumber Gempol Pagelaran Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Mohammad, A. & Asrori, M. (2011). Psikologi Remaja. Bumi Aksara.
Nuryati, D., Abdurrahman, Ariawan, R. (2019). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi. Aksiomatik, 7(2): 1 – 7.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Subarinah, S. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Depdiknas.
Syarifuddin, A.. (2019). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Mahasiswa STKIP Paris Barantai. Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Paris Barantai. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2): 284-292. https://doi.org/10.33659/cip.v7i2.144
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.