Menumbuhkan Minat Siswa pada Fisika Selama Pandemi COVID-19 di SMA N 1 Jempang
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.655Keywords:
Minat Belajar Siswa, Media Rumah BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa, kelas X SMAN 1 Jempang berbantuan media rumah belajar saat pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 JEMPANG dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa kelas X MIPA berbantuan media rumah belajar, 19 siswa masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 54,3% dan 16 siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase 45,7% dengan nilai perindikator ketertarikan 67,33%, perhatian 71,67%, Motivasi Belajar 66,11% dan pengetahuan 65,00%.
Downloads
References
Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1, 135–144.
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran (H. Martin (ed.); ketiga). Saran Tutorial Nurani Sejahtera.
Dewi, K. A. I. D., Suarsana, I. M., & Juniantari, M. (2020). Pengaruh E-Learning Berbasis Rumah Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembeljarannya, 14(1), 65–77.
Hamid, F. Al, Manoppo, Y., & Kayadoe, V. (2018). Analisis Butir Soal Tes Akhir 38 Semester ( TAS ) Kimia SMA NEGERI II AMBON Tahun Pelajaran 2014 / 2015. MJoCE, 8(2), 89–93.
Karunia, Eka. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refka Aditama.
Marlina, B. (2021). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Media Pembelajaran Daring di era Pandemi Covid-19. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1.
Meliana, Junus, M., & Sulaeman, N. F. (2021). Learning Science Through Online System : Whatsapp VS Google Meet Platform. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 4(1), 1–6.
Nurhasanah, A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Rumah Belajar Materi Pelajaran Mengenal Sudut Kelas IVB SD NEGERI 041 TARAKAN. Edukasia, 7.
Rahmawati, R. N. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Pimary Education, 1.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.