Menumbuhkan Minat Siswa pada Fisika Selama Pandemi COVID-19 di SMA N 1 Jempang

Authors

  • Verina Lala Chrestella Paula
  • Laili Komariyah Universitas Mulawarman
  • Nurul Fitriyah Sulaeman Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.655

Keywords:

Minat Belajar Siswa, Media Rumah Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa, kelas X SMAN 1 Jempang berbantuan media rumah belajar saat pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 JEMPANG dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa kelas X MIPA berbantuan media rumah belajar, 19 siswa masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 54,3% dan 16 siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase 45,7% dengan nilai perindikator ketertarikan 67,33%, perhatian 71,67%, Motivasi Belajar 66,11% dan pengetahuan 65,00%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1, 135–144.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran (H. Martin (ed.); ketiga). Saran Tutorial Nurani Sejahtera.

Dewi, K. A. I. D., Suarsana, I. M., & Juniantari, M. (2020). Pengaruh E-Learning Berbasis Rumah Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembeljarannya, 14(1), 65–77.

Hamid, F. Al, Manoppo, Y., & Kayadoe, V. (2018). Analisis Butir Soal Tes Akhir 38 Semester ( TAS ) Kimia SMA NEGERI II AMBON Tahun Pelajaran 2014 / 2015. MJoCE, 8(2), 89–93.

Karunia, Eka. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refka Aditama.

Marlina, B. (2021). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Media Pembelajaran Daring di era Pandemi Covid-19. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1.

Meliana, Junus, M., & Sulaeman, N. F. (2021). Learning Science Through Online System : Whatsapp VS Google Meet Platform. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 4(1), 1–6.

Nurhasanah, A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Rumah Belajar Materi Pelajaran Mengenal Sudut Kelas IVB SD NEGERI 041 TARAKAN. Edukasia, 7.

Rahmawati, R. N. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Pimary Education, 1.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Chrestella Paula, V. L., Komariyah, L., & Fitriyah Sulaeman, N. . (2022). Menumbuhkan Minat Siswa pada Fisika Selama Pandemi COVID-19 di SMA N 1 Jempang. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(1), 49–57. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.655

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)