Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Termodinamika
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i2.2723Keywords:
Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik, Berpikir KritisAbstract
Salah satu inovasi pendidikan yang bertujuan untuk membantu peserta didik memahami teori mendalam melalui proses pembelajaran praktik-empirik adalah model problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model problem based learning dengan pendekatan saintifik terhadap materi termodinamika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian merupakan desain kuantitatif yang menggunakan metode Pre-Experimental Design One-Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini yaitu 31 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Budi Luhur Samarinda. Tes essay 10 soal digunakan untuk mengumpulkan data sebelum dan sesudah perlakuan. Uji normalitas, uji paired sample t test, dan uji N-Gain digunakan dalam penelitian ini. Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 didapat pada uji paired sample t test. 10,19 adalah rata-rata nilai pretest, dan 77,13 adalah rata-rata nilai posttest. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kategori tinggi berdasarkan perolehan rata-rata hasil N-Gain sebesar 0,75. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diberi perlakuan.
Downloads
References
Gultom, M., Dini, D., & Adam, H. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemempuan Berpikir Kritis Di MTS Negeri Rantau prapat. 4(2). http://jurnal.stkip-labuhanbatu.ac.id/Halaman:1-5
Hartati, R. (2016). Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada pembelajaran IPA Terpadu. Edusains, 8(1), 90–97.
Helyandari, B. H., Sahidu, H., & Hikmawati. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Ma Darul Hikmah Darek Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5, 10–17.
Hikmawati, F. (2018). Metodologi Penelitian (2nd ed.). PT. Rajagrafindo Persada.
Ismail, N. S., Harun, J., Zakaria, M. A. Z., & Salleh, S. M. (2018). The effect of Mobile problem-based learning application DicScience PBL on students’ critical thinking. Jurnal Universitas Teknologi Malaysia, 28, 177–195.
Julianto, T., Afif, T. F., & Supriyatun, D. (2018). Implementasi Desain Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbasis Saintifik Terhadap Perkembangan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X MAN 2 Purwokerto. Jurnal Universitas Muhammadiyah.
Kanyesigye, S. T., Uwamahoro, J., & Kemeza, I. (2022). Data collected to measure the impact of problem-based learning and document physics classroom practices among Ugandan secondary schools. Data in Brief, 44.
Kusuma, A. C., & Mujiono, D. S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(2), 102–114.
Liu, Y., & Pásztor, A. (2022). Effects of problem-based learning instructional intervention on critical thinking in higher education: A meta-analysis. Thinking Skills and Creativity, 45.
Lonergan, R., Cumming, T. M., & O’neill, S. C. (2022). Exploring the efficacy of problem-based learning in diverse secondary school classrooms: Characteristics and goals of problem-based learning. International Journal of Educational Research, 112.
Muyassaroh, I., & Nurpadilah, D. (2021). Implementasi Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2, 24–32.
Noripansyah. (2021). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMPN 4 Satui. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1589–1601.
Razak, F. (2017). Hubungan kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa kelas VII SMP Pesantren Immim Putri Minasatene. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88.
Zahara, S. R. (2018). Relativitas, Vol. 1, No. 1, Oktober 2018. 1(1), 29–34.
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vivi Andriani Ningsih, Muliati Syam, Laili Komariyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.