Perbedaan Hasil Belajar Fisika dengan Memanfaatkan Aplikasi Media Zoom Cloud Meeting dan Youtube dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di SMK Farmasi Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.2713Keywords:
Hasil Belajar, Zoom Cloud Meeting, Youtube, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini membandingkan hasil belajar fisika antara penggunaan Zoom Cloud Meeting dan Youtube dalam pembelajaran daring di SMK Farmasi kelas XI selama pandemi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain posttest only control. Dua kelompok siswa, masing-masing 10 siswa, dipilih sebagai kelompok kontrol (menggunakan Zoom) dan kelompok eksperimen (menggunakan Youtube). Data dikumpulkan melalui tes posttest esai dengan 15 soal optika geometri dan alat optik. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,05) antara kedua kelompok, dengan nilai thitung = 2,117 > ttabel = 2,101. Kesimpulannya, siswa yang menggunakan Youtube memiliki hasil belajar fisika yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang menggunakan Zoom Cloud Meeting. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran daring lebih efektif dalam konteks pembelajaran fisika selama pandemi Covid-19.
Downloads
References
Ahmadi, F. (2021). Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 (B. Wijayama (Ed.)). Semarang: Qahara Publisher.
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). Manajemen Belajar dan Pembelajaran di Sekolah - Buku Wajib Bagi Guru (F. S. Suyantoro (ed.); Edisi 1). Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); Ketiga). Bumi Aksara.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Fatna Yustianti (ed.)). Jakarta: Bumi Aksara.
Aryani, N., & Wahyuni, M. (2021). Belajar dan Pembelajaran : Teori Beserta Implikasinya (cetakan pe). Yogyakarta: CV. Bintang Surya Madani.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, Vol 11.
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (B. S. Fatmawati (ed.)). Jakarta: Bumi Aksara.
Ernawati, E. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja. Stilistika, 9(1), 92–106.
Fatmawati, A., Sulastri, N., Adawiyah, S. R., & Devi, novia S. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Media Youtube Di MA Annajah Ponpes Al Halimy Sesela. Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1), 58–66.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Universitas Diponegoro.
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Susunan Artikel Pendidikan (SAP), Vol 5, No, 6.
Ibrahim, R., & S., N. S. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Indra, I. M., Hurit, R. U., Hasan, M., Bhaga, B. J., Saryanto, Larasati, R. A., Baba, W. N., Noywuli, N., & Laba, I. N. (2021). Membangun Pembelajaran Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di Pendidikan Tinggi (N. Sumerti (ed.)). Bandung: Media Sains Indonesia.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5(1), 665–675.
Istiqamah, N., Muin, N., & Mansyur, U. (2023). Penggunaan Teknologi dan Media Sosial Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Sastranesia, Vol. 11, No. 2, 95–104.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran (Edisi 1). Jakarta: Kencana.
Kindarto, A. (2008). Belajar Sendiri Youtube. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kurniawan, R. G. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jawa Tengah: Lutfi Gilang.
Mahayoni, N. M. S. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Pada Pembelajaran Agama Hindu Di Masa Pandemi. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, Vol 3.
Mustika, D., & Muharaeni, T. A. (2022). Penggunaan Media Youtube Dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Sumber Belajar IPS (Studi Deskriptif di Kelas VIII-A SMP Tunas Baru Ciparay). Resource, Vol. 1.
Negara, G. B. J., Ariyoga, I. N., & Putra, I. N. B. A. (2021). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Optimalisasi Perkuliahan (I. M. B. A. Purnomo (ed.)). Bali: Mertajati Widya Mandal Publisher.
Novita, L., Sukamanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, Vol. 3, No. 2, 64–72.
Paksi, H. P., & Ariyanti, L. (2020). Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta:Deepublish.
Patrick, J. (2020). Adu Irit Kuota Gratis Kemendikbud di 3 Video Conference. Diakses tanggal 08 Agustus 2021 dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201001200506-185-553407/adu-irit-kuota-gratis-kemendikbud-di-3-video-conference
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.
Prakoso, K. (2009). Lebih Kreatif dengan Youtube (H. P (ed.); Edisi 1).Yogyakarta: Andi.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Purwanto. (2020). Evaluasi Hasil Belajar (B. Santoso (ed.)). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol. 21, No. 2, 159-172.
Rahayu, S., Djumingin, S., & Munirah. (2021). Efek Media Zoom Cloud Meeting Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan, Vol 7, No. 7, 760.
Rasman. (2021). Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, Vol. 1 No. 9.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 06, No. 2, 214–224.
Sinar. (2018). Metode Active Learning-Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Kedua). Jakarta: Kencana.
Syamsidah, & Ratnawati. (2020). Panduan Model Inquiry Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Triwulandari, R., & Prastowo, A. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbasis Zoom Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SD IT Fathonah Palembang. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, Vol. 14, 15–26.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif (Edisi 1). Jawa Timur: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Wijayanto, P. S., Setiawan, W., Wahyudin, W., & Firmansyah, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Youtube (Podcast) dengan Metode Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh pada Materi Komputer dan Jaringan Dasar di SMKN 3 Bandung. Jurnal Guru Komputer, 1(1), 50–62.
Wiryany, D., & Pratama, T. V. (2019). Kekuatan Media Baru Youtube dalam Membentuk Budaya Populer. Jurnal Unibi, Vol. 02, No. 02, 25-30.
Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembalajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3(No. 6), 3779–3785.
Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua (S. F. Sirate (ed.); Edisi ke 2). Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.