Analisis Standarisasi Laboratorium Fisika SMA Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i2.4179Keywords:
Laboratorium, Kelengkapan Alat, Manajemen Laboratorium, Tenaga LaboratoriumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi standar laboratorium fisika di tingkat SMA untuk mendukung pembelajaran efektif. Analisis penelitian difokuskan pada kelengkapan alat laboratorium fisika di Kecamatan Talisayan berdasarkan Permendiknas No 24 Tahun 2007, manajemen laboratorium fisika, dan standar tenaga laboratorium berdasarkan Permendiknas No 26 Tahun 2008. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMAN 3 dan SMAN 13 Berau, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan alat laboratorium fisika di kedua sekolah belum memenuhi standar yang ditetapkan. Selain itu, manajemen laboratorium di masing-masing sekolah juga belum berjalan dengan baik. Sementara itu, tenaga laboratorium di SMAN 3 sudah memenuhi standar, sedangkan SMAN 13 belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan perlunya peningkatan jumlah dan kualitas peralatan, peningkatan keterampilan pengelola laboratorium untuk penggunaan peralatan yang efisien, serta pelatihan untuk staf laboratorium agar dapat menjalankan tugas dengan lebih efektif.
Downloads
References
Annisa, A., Farhana Haris, N., Vannes Farawasi, S., Junus, M., & Mutmainah, O. (2023). Evaluasi Pengelolaan Laboratorium Fisika di Kota Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(1), 52–62. https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i1.1654
Daryanto. (2018). Manajemen Laboratorium Sekolah. Surakarta: Gava Media.
Imanda, R., & Fakhrah. (2023). Pedoman Pengelolaan Laboratorium. Aceh Utara: PT RajaGrafindo Persada.
Istinganah, F,Y., Syam, M., & Zulkarnaen. (2021). Pemanfaatan Laboratorium Fisika dan Kontribusinya dalam Pembelajaran Fisika, Studi Kasus di SMA Negeri 1 Sendawar dan SMA Negeri 1 Liggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 23-33. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.406
Junaidi, N. S., Hatika, R. G., Dahlia, D., & Hasibuan, U. (2023). Analisis Pengelolaan Laboratorium Fisika di MAN 1 Rokan Hulu. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 76–82. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.34834
Kurniawati, D. (2018). Mengenal Laboratorium Sekolah. Surakarta: PT Aksara Sinergi Media.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Menengah Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Laboran Sekolah/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional
Rafiqah, R., Ikbal, Muh. S., & Budiarti, A. (2022). Analisis Intensitas Pemanfaatan Laboratorium dan Dampaknya terhadap Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 247. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4964
Sunarya. (2020). Manajemen Pengelolaan Laboratorium. Bogor: Gadjah Mada University Press dan Anggota IKAPI dan APPTI
Susamti, R., Helina, L., & Sasi, F. A. (2021).Teknik Pengelolaan Laboratorium. Yogyakarta: Cahaya Harapan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abuzar Algi Fari, Lambang Subagiyo, Zulkarnaen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.