Analisis Kemampuan Aspek Literasi Lingkungan Siswa SMP di Kabupaten Berau

Authors

  • Ehza Ayu Ramadiana Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Abdul Hakim Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Shelly Efwinda Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i2.3707

Keywords:

Literasi Lingkungan, Kognitif, Sikap, Perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi lingkungan siswa SMP di Kabupaten Berau berdasarkan aspek kognitif, sikap, dan perilaku terkait pencemaran lingkungan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner skala Guttman (benar-salah) untuk kognitif sebanyak 16 butir pertanyaan dan skala likert untuk sikap 23 butir dan perilaku 31 butir pernyataan. Survei dilakukan terhadap 139 siswa kelas VIII dan IX dari empat sekolah yang berbeda di Kabupaten Berau menggunakan metode stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas tingkat literasi lingkungan siswa pada aspek kognitif terkait pencemaran lingkungan berada pada kategori baik, dengan nilai sebesar 82,98. Tingkat literasi lingkungan siswa pada aspek sikap terkait pencemaran lingkungan berada pada kategori tinggi dengan bobot rata-rata 4,19. Tingkat literasi lingkungan siswa pada aspek perilaku terkait pencemaran lingkungan berada pada kategori tinggi dengan bobot rata – rata 3,59. Dari hasil ini, literasi lingkungan siswa SMP harus terus ditingkatkan melalui pendidikan formal maupun informal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alan, T. K. H. 2013. Students’ perceptions on climate change and engagement in low-carbon behaviours: implications for climate change education in Hong Kong. The University of Hong Kong.

Biswass, Aindrila. 2019. RESEARCH ARTICLE A nexus between environmental literacy, environmental attitude and healthy living. Environmental Science and Pollution Researc. https://doi.org/10.1007/s11356-019-07290-5

Chepesiuk, Ron. 2007. Environmental Literacy: Knowledge for a Healthier Public. Environmental Health Perspectives.

Consequences, The. 2012. OECD environmental outlook to 2050: the consequences of inaction. International Journal of Sustainability in Higher Education.

G Usha Shri & Rajnarayan R. Tiwari 2021. Environmental Literacy among College Students. Indian Journal of Occupational and Environmental Medicine. DOI: 10.4103/ijoem.IJOEM_141_20

Gunamantha, I. M., & Dantes, N. 2019. Climate Change Literacy of Elementary School Students in Buleleng District, Bali Province, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012051

Igbokwe, B. A. 2016. Environmental Literacy Assessment: Assessing the Strength of an Environmental Education Program (EcoSchools) in Ontario Secondary Schools for Environmental Literacy Acquisition. University of Windsor. https://scholar.uwindsor.ca/etd/5644

Iswari, R. D., & Utomo, S. W. 2017. Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa. Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35–41.

Jayanti, Y. T., Putrawan, I. M., & Refirman, D. J. (2021). Pengaruh School Climate dan Procedural Justice terhadap Citizenship Behavior towards Environment Siswa SMA. IJEEM - Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 6(1), 92–107. https://doi.org/10.21009/ijeem.061.07

Kubiatko, Milan. 2014. The Environmental Literacy of Lower Secondary School Pupils, High School and College Students. Journal of Environmental Science and Engineering Technology. Institute for Research in School and Health,

Nasution, Ruqoyyah. Analisis Literasi Lingkungan Siswa Sma Kelas X Di Samboja Dalam Pembelajaran Biologi. Universitas Pendidikan Indonesia |Repository.Upi.Edu| Perpustakaan.Upi.Edu

Njoku, C. (2016). Awareness of Climate Change and Sustainable Development Issues among Junior Secondary School (JSS) Students in Port Harcourt Metropolis, Nigeria. International Journal of Curriculum and Instruction, 8(2), 29–40.

Nugraha, Fiqri, Anna Permanasari, Indarini Dwi Pursitasari. Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. Pascasarjana Universitas Pakuan, Bogor.

R. Sihadi Darmo Wihardjo dan Henita Rahmayanti. 2021. Pendidikan Lingkungan Hidup:Menuju Harmonisasi Kehidupan Manusia dan Lingkungan. Penerbit NEM: Jawa Tengah.

Spinola, Helder. 2015. Environmental Literacy In 9th Grade Students From Madeira Island (Portugal). The Online Journal of New Horizons in Education. University of Madeira, Portugal.

Suryawati, E., Suzanti, F., Zulfarina, Putriana, A. R., & Febrianti, L. (2020). The Implementation Of Local Environmental Problem- Based Learning Student Worksheets To Strengthen Environmental Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 169–178. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892

Thammanu, S., Han, H., Marod, D., Zang, L., Soe, K. T., Onprom, S., & Chung, J. (2021). Non-timber forest product utilization under community forest management in northern Thailand Non-timber forest product utilization under community forest. Forest Science and Technology, 17(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/21580103.2020.1862712

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Ramadiana, E. A., Hakim, A., & Efwinda, S. (2024). Analisis Kemampuan Aspek Literasi Lingkungan Siswa SMP di Kabupaten Berau. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 5(2), 170–177. https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i2.3707

Issue

Section

Articles