Analisis Perbandingan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Buku Non-BSE Fisika SMA Kelas XI berdasarkan Science Textbook Rating System (STRS)

  • Rosita Rosita Universitas Mulawarman
  • Muliati Syam Universitas Mulawarman
  • Shelly Efwinda Universitas Mulawarman
Keywords: Perbandingan, BSE, Non-BSE, STRS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesesuaian kualitas buku BSE dan buku  non-BSE fisika untuk SMA Kelas XI Kurikulum 2013 pada aspek kriteria isi, ilustrasi, indeks dan glosarium. (2) mendeskripsikan  perbedaan antara kualitas buku BSE dan buku non-BSE fisika untuk SMA Kelas XI Kurikulum 2013 pada aspek kriteria isi, ilustrasi, indeks dan glosarium. Jenis penelitian ini adalah  penelitian analisis isi (content analysis) dengan pendekatan deskriptif bersifat komparatif menggunakan empat buku teks dengan kode BSE 1, BSE2, Non-BSE1, dan Non-BSE2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen science Textbook Rating System (STRS) yang dikembangkan oleh collette & chiapetta (1994:3). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Bahwa antara buku BSE dan non-BSE fisika memiliki kualitas yang hampir  tidak jauh berbeda, namun setiap subjek memiliki karakteristik khusus (2) Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas yang signifikan antara buku BSE dan Non-BSE. Buku BSE lebih unggul dari pada buku  non-BSE ditinjau dari aspek kriteria isi, ilustrasi, indeks dan glosarium

Downloads

Download data is not yet available.

References

York: Macmillan Publishing, 303-321

Ikhlasul, A. N. (2004). Analisis dan Studi Komparatif Buku Teks Fisika Sekolah Menengah Atas ditinjau dari Textbook Evaluation menggunakan Science Textbook Rating System. Universitas Negeri Yogyakarta.

Jumanto. (2014). Analisis Perbandinga n Kualitas Buku Sekolah Elektronik (BSE)dengan Non-BSE Mata Pelajaran Sains untuk Sekolah Dasar Menggunakan Instrumen yang Merujuk pada Science Textbook Rating System. Universitas negeri Yogyakarta.

Jumanto, & Zuhdan, K. P. (2015). Analisis Kualitas BSE dan Non BSE Sains SD dengan Sistem Penilaian Buku Teks Sains. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 133–142.

Muslich, M. (2010). Textbook Writing. Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Saiful, A. (2011). Analisis Buku Teks Geografi SMA Kelas XII pada Materi Pola Keruangan Desa dan Kota dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE)Terbitan Departemen Pendidikan Nasional. Universitas Negeri Malang.

Satiti, A. (2019). Analisis Kualitas Buku Teks Mata Pelajaran Fisika Untuk SMA Kelas XI Dengan Menggunakan Instrumen STRS. Universitas Negeri Yogyakarta,13

Tani, D. (2017). Perbandingan Kualitas Buku Elektronik Sekolah (BSE) dan Non-BSE pada Mata Pelajaran Fisika SMA X : Telaah Scince Textbook Rating System. Universitas Negeri Yogyakarta, 34-40

Published
2023-06-16
How to Cite
Rosita, R., Syam, M., & Efwinda, S. (2023). Analisis Perbandingan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Buku Non-BSE Fisika SMA Kelas XI berdasarkan Science Textbook Rating System (STRS). Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(1), 71-81. https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i1.1919
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>