Optimalisasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Usaha, Energi, dan Pesawat Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i2.3870Keywords:
Energi, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Pesawat Sederhana, UsahaAbstract
Kemampuan berpikir kritis penting dalam menghadapi tantangan Abad 21 dan perlu dilatihkan kepada peserta didik. Model Problem Based Learning (PBL) berpotensi memfasilitasi pengembangan keterampilan ini karena menuntut peserta didik untuk belajar secara langsung dan memecahkan masalah, sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha, energi, dan pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 38 siswa kelas VIII yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui tes essay dengan indikator berpikir kritis Facione: penafsiran, analisis, kesimpulan, evaluasi, dan penjelasan. Hasil menunjukkan peningkatan berpikir kritis dengan N-Gain 0,74 dan p-value 0,000 < 0,05. Model PBL efektif sebagai alternatif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis di sekolah.
Downloads
References
Agustin, L, Haryanto, Z., & Efwinda, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(01), 56–64. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.80.
Ati, T.P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas problem based learning-problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209.
Budhi, W., & Suwarni, S. (2019). Effect of problem based learning on critical thinking ability on science. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012135.
Danday, B. A., & Monterola, S. L. C. (2019). Effects of microteaching multiple-representation physics lesson study on pre-service teachers’ critical thinking. Journal of Baltic Science Education, 18(5), 692–707. https://doi.org/10.33225/jbse/19.18.692.
Efwinda, S., Puspita, I., Damayanti, P., Hakim, A., & Syam, M. (2023). Enhancing critical thinking on climate change: TPACK implementation in PBL with digital posters. Edusains, 15(2), 150–163. https://doi.org/http://doi.org/10.15408/es.v13i2.33230.
Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts. (Research Report). Millbrae, CA: The California Aca-demic Press.
Fadillah, N., Maftuh, B., & Syaodih, E. (2018). The effect of problem based learning model on critical thinking skill students in primary school. International Conference on Mathematics and Science Education, 3, 530–534.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (project-based learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642.
Haryanti, Y. D., & Febriyanto, B. (2017). Model problem based learning membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57-63. https://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596.
Kazmier, L. J. (2004). Statistik untuk bisnis schaum’s easy outlines. Jakarta: Erlangga.
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran literasi dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11.
Putri, S. T., Nuryadin, A., & Efwinda, S. (2024). Implementasi pendekatan pembelajaran “about, in, & for the environment” dengan model problem-based learning dalam meningkatkan literasi lingkungan siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 175–185. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.17513.
Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.
Rahmawati, A., Sitompul, S. S., & Syarif H. M. M. (2024). Implementasi model problem besed learning berbasis kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pesawat sederhana di SMP Negeri 11 Tanah Pinoh. Seroja: Jurnal Pendidikan. 3(1), 118-126. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.1783.
Setyo, A. A., Fathurahman, M., dan Anwar. Z.. (2020). Strategi pembelajaran problem based learning. Makasar: Yayasan Barcode.
Seventika, S. Y., Sukestiyarno, Y. L., & Mariani, S. (2018). Critical thinking analysis based on Facione (2015) - Angelo (1995) logical mathematics material of vocational high school (VHS). Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012067
Wardani;, R. P., Fitriyah;, C. Z., & Puspitaningrum., D. A. (2021). Melatih keterampilan berpikir kritis, dan berpikir kreatif siswa SD kelas V melalui pendekatan saintifik. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 83–96. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i2.99.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mega Hajraini Anamta, Shelly Efwinda, Atin Nuryadin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.