Hubungan Antara Kinerja dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas di SMA Negeri 13 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.130Keywords:
Pembelajaranan Inkuiri Laboraturium Terbatas, Kinerja, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 32 orang siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 13 Samarinda. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan instrumen tes berupa soal essay dan non-tes berupa lembar kerja siswa. Data kinerja diperoleh nilai rata-rata yang terus meningkat dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. Hasil belajar siswa juga diperoleh nilai rata-rata yang terus meningkat pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. Berdasarkan analisis korelasi atau analisis hubungan antara kinerja dengan hasil belajar diperoleh nilai r hitung pada setiap pertemuan masing-masing sebesar 0,469, 0,672, 0,558 dan 0,573. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kinerja dengan hasil belajar berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.