Hubungan Antara Kinerja dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas di SMA Negeri 13 Samarinda

  • Nisa Wati Universitas Mulawarman
  • Riskan Qadar Universitas Mulawarman
  • Benyamin Matius Universitas Mulawarman
Keywords: Pembelajaranan Inkuiri Laboraturium Terbatas, Kinerja, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 32 orang siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 13 Samarinda. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan instrumen tes berupa soal essay dan non-tes berupa lembar kerja siswa. Data kinerja diperoleh nilai rata-rata yang terus meningkat dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. Hasil belajar siswa juga diperoleh nilai rata-rata yang terus meningkat pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. Berdasarkan analisis korelasi atau analisis hubungan antara kinerja dengan hasil belajar diperoleh nilai r hitung pada setiap pertemuan masing-masing sebesar 0,469, 0,672, 0,558 dan 0,573. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kinerja dengan hasil belajar berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-12
How to Cite
Wati, N., Qadar, R., & Matius, B. (2020). Hubungan Antara Kinerja dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri Laboraturium Terbatas di SMA Negeri 13 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(01), 73-80. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.130
Section
Articles