Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 4 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.5217Keywords:
Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Project Based Learning, Optika GeometriAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang penting dikembangkan dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan membandingkan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) ditinjau dari aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas eksperimen (PBL dan PjBL) serta satu kelas kontrol, masing-masing berjumlah 34 peserta didik. Instrumen berupa tes pilihan ganda berjumlah 25 soal dengan reliabilitas 0,606. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank menunjukkan peningkatan signifikan dalam semua kelas (p < 0,05), dan uji Mann-Whitney U menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara PBL dan PjBL (p = 0,575), meskipun keduanya secara signifikan terdapat perbedaan dengan kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa baik PBL maupun PjBL memiliki efeknya yang sama terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Downloads
References
Adawiyah, V. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Vee Map Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(2), 62. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i2.13372
Agus Purnomo, D. (2022). Pengantar Model Pembelajaran.
Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57. https://ranahresearch.com.
Annisa, Z., & Rusman, Y. R. dan T. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model PBL Dan PjBL Dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 4.
Darmawan, H., Hakti, F., & Damayanti, R. (2024). Comparison of the effectiveness of problem based learning (PBL) and project based learning (PjBL) models in the learning process. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 6(2), 176–191. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2024.v6i2.176-191
Dawis, A. M., Meylani, Y., Heryana, N., Alfathoni, M. A. M., Sriwahyuni, E., Ristiyana, R., Januarsi, Y., Wiratmo, P. A., Dasman, S., Mulyani, S., Agit, A., Shoffa, S., & Baali, Y. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian.
Evriana, V., Alibasyah, L. M. P., & Tureni, D. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tempat Hidup Tumbuhan Melalui Media Konkrit di Kelas 2 SDK Terpencil Punsu. Jurnal Kreatif Tadulako, Universitas Tadulako, 4(7), 187–199.
Gitasmara, R. D. N. A. P. (2024). Implementasi Pembelajaran Blended Learning Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Magistra, 12(2), 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs
Husin, M. (2023). Analisis Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK N 1 Darul Kamal. Skripsi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, VIII(I), 1–19.
Indriani, N. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media “Paris” Papan Bergaris Siswa Kelas 2 SD Negeri Pucangro 2 Gudo. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 220–230. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.446
Ismail, S. D. L., Odja, A. H., & Suronoto, L. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizwhizzer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Alat Optik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 140–146. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.2246
Lana, K., & Ismail, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas VIII SMP NEGERI 1 Waikafia Pada Materi Usaha Dan Energi. Kuantum: Jurnal Pembelajaran Sains Dan Fisika, 2(2), 38–59. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/kuantum/article/view/230%0Ahttps://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/kuantum/article/download/230/189
Maulidia, A., Lesmono, A. D., & Supriadi, B. (2019). Inovasi Pembelajaran Fisika melalui Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan STEM Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 185–190.
Mulya, A., Helmi, & Salim, A. N. (2023). ©JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran ©Anisa Mulya Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 661–666.
Purwanto, N. (2015). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. In PT Remaja Rosdakarya.
Raharjo, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Berbantu Media Youtube. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(1), 1–23.
Rante Datu, H., Qadar, R., & M. Junus. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 138–144. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.231
Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., Mujib, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning (PjBL) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 47. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535
Salsabilla, M., Pendidikan, T., Pendidikan, T., & Pendidikan, T. (2024). Pengaruh Model PBL Vs PjBL Dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar PPkn. 11, 20–36.
Sugiyono. (2017). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 6.
Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-stem project-based learning: Its impact to critical and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754
Suminarsih. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Laboratorium Maya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Dinamis pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Belik Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Orbith, 16(3), 204–216.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Suryani, A., Setiawan, I., Muhdar, S., & Oktaviani, F. S. (2024). The Comparison of Effectiveness of PjBL and PBL Models on Students’ Cognitive Learning Outcomes. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(1), 194–207. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4094
Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 40. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196
Yuliani, Y., Retnowati, R., & Djarot, P. (2023). Analysis of problem-based digestive system interactive e-module needs to improve students’ critical thinking. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(2), 204. https://doi.org/10.20527/bino.v5i2.15651
Zhang, L., & Ma, Y. (2023). A study of the impact of project-based learning on student learning effects: a meta-analysis study. Frontiers in Psychology, 14(July), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1202728
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akmal Raiky Aryaputra, Riskan Qadar, Lambang Subagiyo, Zulkarnaen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.




.png)



