Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 4 Samarinda

Authors

  • Akmal Raiky Aryaputra Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Riskan Qadar Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Lambang Subagiyo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Zulkarnaen Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.5217

Keywords:

Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Project Based Learning, Optika Geometri

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang penting dikembangkan dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan membandingkan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) ditinjau dari aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas eksperimen (PBL dan PjBL) serta satu kelas kontrol, masing-masing berjumlah 34 peserta didik. Instrumen berupa tes pilihan ganda berjumlah 25 soal dengan reliabilitas 0,606. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank menunjukkan peningkatan signifikan dalam semua kelas (p < 0,05), dan uji Mann-Whitney U menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara PBL dan PjBL (p = 0,575), meskipun keduanya secara signifikan terdapat perbedaan dengan kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa baik PBL maupun PjBL memiliki efeknya yang sama terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, V. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Vee Map Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(2), 62. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i2.13372

Agus Purnomo, D. (2022). Pengantar Model Pembelajaran.

Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57. https://ranahresearch.com.

Annisa, Z., & Rusman, Y. R. dan T. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model PBL Dan PjBL Dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 4.

Darmawan, H., Hakti, F., & Damayanti, R. (2024). Comparison of the effectiveness of problem based learning (PBL) and project based learning (PjBL) models in the learning process. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 6(2), 176–191. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2024.v6i2.176-191

Dawis, A. M., Meylani, Y., Heryana, N., Alfathoni, M. A. M., Sriwahyuni, E., Ristiyana, R., Januarsi, Y., Wiratmo, P. A., Dasman, S., Mulyani, S., Agit, A., Shoffa, S., & Baali, Y. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian.

Evriana, V., Alibasyah, L. M. P., & Tureni, D. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tempat Hidup Tumbuhan Melalui Media Konkrit di Kelas 2 SDK Terpencil Punsu. Jurnal Kreatif Tadulako, Universitas Tadulako, 4(7), 187–199.

Gitasmara, R. D. N. A. P. (2024). Implementasi Pembelajaran Blended Learning Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Magistra, 12(2), 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs

Husin, M. (2023). Analisis Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK N 1 Darul Kamal. Skripsi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, VIII(I), 1–19.

Indriani, N. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media “Paris” Papan Bergaris Siswa Kelas 2 SD Negeri Pucangro 2 Gudo. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 220–230. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.446

Ismail, S. D. L., Odja, A. H., & Suronoto, L. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizwhizzer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Alat Optik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 140–146. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.2246

Lana, K., & Ismail, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas VIII SMP NEGERI 1 Waikafia Pada Materi Usaha Dan Energi. Kuantum: Jurnal Pembelajaran Sains Dan Fisika, 2(2), 38–59. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/kuantum/article/view/230%0Ahttps://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/kuantum/article/download/230/189

Maulidia, A., Lesmono, A. D., & Supriadi, B. (2019). Inovasi Pembelajaran Fisika melalui Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan STEM Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 185–190.

Mulya, A., Helmi, & Salim, A. N. (2023). ©JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran ©Anisa Mulya Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 661–666.

Purwanto, N. (2015). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. In PT Remaja Rosdakarya.

Raharjo, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Berbantu Media Youtube. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(1), 1–23.

Rante Datu, H., Qadar, R., & M. Junus. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 138–144. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.231

Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., Mujib, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning (PjBL) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 47. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535

Salsabilla, M., Pendidikan, T., Pendidikan, T., & Pendidikan, T. (2024). Pengaruh Model PBL Vs PjBL Dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar PPkn. 11, 20–36.

Sugiyono. (2017). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 6.

Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-stem project-based learning: Its impact to critical and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754

Suminarsih. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Laboratorium Maya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Dinamis pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Belik Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Orbith, 16(3), 204–216.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Suryani, A., Setiawan, I., Muhdar, S., & Oktaviani, F. S. (2024). The Comparison of Effectiveness of PjBL and PBL Models on Students’ Cognitive Learning Outcomes. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(1), 194–207. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4094

Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 40. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196

Yuliani, Y., Retnowati, R., & Djarot, P. (2023). Analysis of problem-based digestive system interactive e-module needs to improve students’ critical thinking. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(2), 204. https://doi.org/10.20527/bino.v5i2.15651

Zhang, L., & Ma, Y. (2023). A study of the impact of project-based learning on student learning effects: a meta-analysis study. Frontiers in Psychology, 14(July), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1202728

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Aryaputra, A. R., Qadar, R., Subagiyo, L., & Zulkarnaen. (2025). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 4 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(2), 215–231. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.5217

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3