Efektivitas penggunaan media pembelajaran Dakota untuk materi FPB dan KPK kelas IV SDN 12 Kendari

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4733

Keywords:

Dakota, Efektivitas, Media pembelajaran, FPB dan KPK, Quasi-eksperimental

Abstract

Penelitian ini merespon tiga masalah utama dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, yaitu sifat abstrak objek matematika, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru, dan ketergantungan pada metode ceramah konvensional. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini mengusulkan penggunaan media pembelajaran inovatif berbasis permainan tradisional, yaitu Dakota yang dapat dimanfaatkan untuk menyajikan konsep matematika yang lebih konkrit, membuat proses pembelajaran menyenangkan, dan memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematikanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Dakota dalam mengajarkan konsep Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) kepada siswa kelas IV SDN 12 Kendari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi-eksperimental, dengan desain pretest-posttest control group yang diterapkan pada 30 siswa. Data dianalisis secara statistik deskriptif untuk memetakan distribusi nilai dan uji t berpasangan untuk menguji signifikansi peningkatan hasil belajar. Temuan ini mengonfirmasi bahwa media ini efektif meningkatkan pemahaman konsep FPB dan KPK dengan effect size Cohen’s d=0.58 (sedang). Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan media pembelajaran berbasis kearifan lokal serta mendorong transformasi menuju pembelajaran matematika yang partisipatif. Studi lanjutan direkomendasikan untuk mengeksplorasi adaptasi media serupa pada konsep matematika lain atau jenjang pendidikan yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. (2019). Inovasi pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Penerbit Andi.

Ali, A., Apriyanto, Haryanti, T., & Hidayah. (2024). Metode pembelajaran inovatif: Mengembangkan teknik mengajar di abad 21. Sonpedia Publishing Indonesia.

Anwar, M., & Rahmawati, D. (2021). Efektivitas media pembelajaran berbasis permainan tradisional terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 110-120.

Asri, M. N., & Muthi, I. (2024). Meningkatkan minat belajar matematika pada materi FPB dan KPK menggunakan Dakota (Dakon Matematika). Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(3), 195–203. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i3.588

Dartati, S. (2012). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan alat peraga Dakon bagi Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Banjarsari 02 Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Universitas Kristen Satya Wacana. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/670

Fadhillah, N., & Sari, R. (2022). Integrasi permainan tradisional dalam pembelajaran matematika: Studi kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 65-75.

Fauziah, M., & Amaliyah, A. (2021). Pengaruh penggunaan alat peraga Dakota terhadap hasil belajar siswa. JPE: Journal of Primary Education, 1(1), 34-41.

Febriana, E. (2015). Kontribusi penggunaan Papan Dakon dalam pembelajaran matematika materi perkalian terhadap prestasi belajar siswa di Kelas II MIM 02 Merden Banjarnegara. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16500

Fujianti, F. (2023). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika dalam materi FPB dan KPK Kelas IV di SDN Cidokom 03. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72482

Gunawan, W., & Prasetyo, E. (2019). Pengaruh media pembelajaran berbasis Dakon terhadap pemahaman FPB dan KPK Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 89-98.

Hidayat, M., & Widodo, S. (2020). Pengaruh media pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman siswa dalam konsep FPB dan KPK. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 101-111.

Hidayati, E. F. & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi model bergerak dan media Blooket untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 890-903. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17176

Kurniawan, B. (2018). Strategi pembelajaran matematika untuk anak Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media.

Lestari, F., Efendi, D., & Hardianti, D. (2024). The implementation of Dakon Mathematics (Dakota) learning media with discovery learning method. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 5(1), 94-104. https://doi.org/10.32332/linear.v5i1.9363

Nursafitri, D., Fatmawati, R. A., & Asmah, S. N. (2022). Pengembangan Dakota (Dakon Matematika) sebagai media pembelajaran KPK dan FPB siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4), 2719-2725. https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.3968

Parahita, D. D. (2022). Pengembangan multimedia interaktif puzzle materi kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri. https://repository.unpkediri.ac.id/5181

Pramudita, S., & Siregar, Y. (2020). Media pembelajaran inovatif berbasis Dakon untuk meningkatkan pemahaman matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(4), 178-188.

Setyowati, L., & Nugraha, A. (2022). Pengaruh penggunaan permainan Dakota dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 85-95.

Siregar, T. (2025). Integrasi etnomatematika dengan kearifan budaya lokal. Goresan Pena.

Sulastri, F., & Nugroho, R. (2020). media pembelajaran berbasis permainan tradisional: Implementasi Dakota dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 12(2), 119-129.

Yulia, N., & Anggraeni, E. (2021). Efektivitas permainan tradisional dalam pembelajaran matematika: Studi kasus penggunaan Dakota. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 190-200.

Wisnata, A. (2024). Pengaruh interaksi sosial terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Curup. https://e-theses.iaincurup.ac.id/7096

Wulandari, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran Papan Congklak Matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/922

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Trisnawati, D., Sumarno, S., & Sulianto, J. (2025). Efektivitas penggunaan media pembelajaran Dakota untuk materi FPB dan KPK kelas IV SDN 12 Kendari. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 63–72. https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4733

Issue

Section

Articles