Main Article Content

Abstract

Rendahnya hasil belajar pada materi geometri dapat dikarenakan sulitnya Siswa memahami pelajaran matematika. Kemajuan teknologi belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh Guru dalam pembelajaran sehingga menyebabkan Siswa menjadi bosan dan jenuh. Dalam pembelajaran matematika, Guru banyak menggunakan metode satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika Siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media video dan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam bentuk tes dan observasi. Data hasil dari tes yang telah dilaksanakan kemudian dianalisis secara deskriptif meliputi rata-rata, standar deviasi, nilai maksimum, dan nilai minimum. Secara deskriptif, rata-rata untuk data hasil belajar matematika Siswa pada kelas yang menggunakan media video adalah 67 dengan nilai maksimum 94 sedangkan rata-rata kelas pada pembelajaran konvensional adalah 60 dengan nilai maksimum 82. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada kelas yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan media video lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan pembelajaran konvensional.

Keywords

Media video pembelajaran Pembelajaran matematika Bangun ruang sisi datar

Article Details

How to Cite
Taurintya, D., Untu, Z., & Berahman, B. (2024). Penggunaan media video Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 47-54. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3719

References

  1. Albaniah, T. (2014). Hubungan penggunaan media video pembelajaran dengan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 76/1 Sungai Buluh [Skripsi, Universitas Jambi].
  2. Ardiansyah, M. A. M., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis pemanfaatan media pembelajaran youtube dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika Peserta didik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 912–918. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828
  3. Baharuddin, I. (2014). Efektivitas penggunaan media video tutorial sebagai pendukung pembelajaran matematika terhadap minat dan hasil belajar Peserta didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 247–255. https://doi.org/10.26858/jnp.v2i2.1974
  4. Ernawati, Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Rusdin, Wahnyuni, M., Irham, M., Akmal, N., & Nasruddin. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
  5. Firdaus, M. R. (2024). Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Di MTsN 4 Banda Aceh [Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36614/
  6. Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196
  7. Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Kita Menulis.
  8. Mauladaniyati, R., Sartika, N. S., Perbowo, K. S., Wahyudin, W., & Cahya, E. (2022). Prospective mathematics Teachers’ digital literacy through web-based learning. International Journal on Emerging Mathematics Education, 6(1), 51–62. http://dx.doi.org/10.12928/ijeme.v6i1.21485
  9. Merdekawati, S. (2022). Enhancing Students’ understanding of operation in integers through joyful learning with GeoGebraTM Applet. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 12(2), 161–170. https://doi.org/10.46517/seamej.v12i2.165
  10. Nur, A. S. (2021). Potret pembelajaran matematika pada masa pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 4(1), 27–35. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp27-35
  11. Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
  12. Patac, A. J. V., Patac, L. P., & Crispo, N. E. (2022). Students’ understanding of a geometric theorem: A case of grade 9 problem posing. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(2), 105–115. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i2.16394
  13. Pertiwi, N. K. A. P. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan media video pembelajaran inovatif berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika di SMP N 4 Abiansemal [Skripsi, Universitas Mahasaraswati Denpasar]. https://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/883
  14. Suminarsih. (2021). Video pembelajaran asyik Murid fantastik. Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.
  15. Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93.
  16. Sylviani, S., & Permana, F. C. (2019). Pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar menggunakan aplikasi GeoGebra sebagai alat bantu Siswa dalam memahami materi geometri. Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsence), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/edsence.v1i1.17909
  17. Yaftian, N., & Barghamadi, S. (2022). The effect of teaching using multimedia on mathematical anxiety and motivation. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(2), 55–63. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i2.16141
  18. Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963