Kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Canva
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.4118Keywords:
Kemampuan Representasi Matematis, Think Pair Share, CanvaAbstract
Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah kemampuan representasi matematis. Dengan kemampuan representasi yang dimiliki, peserta didik dapat membuat hal-hal yang rumit menjadi lebih sederhana, sehingga dapat mengatasi atau menyelesaikan masalah dengan lebih mudah dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media Canva terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menerapkan quasi experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Ungaran tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran TPS berbantuan media Canva efektif terhadap kemampuan representasi matematis karena memenuhi kriteria yaitu: 1) Kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran TPS berbantuan media Canva mencapai ketuntasan belajar secara klasikal; 2) Rata-rata kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran TPS berbantuan media Canva lebih baik daripada rata-rata kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran Problem Based Learning; dan 3) Proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran TPS berbantuan media Canva lebih tinggi daripada ketuntasan hasil tes kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran Problem Based Learning.
Downloads
References
Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177. http://dx.doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087
Astriani, N., & Al Dhana, M. B. (2020). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Journal of Didactic Mathematics, 1(1), 16-21. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i1.147
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Diterjemahkan oleh Soetjipto, H. P. & Soetjipto, S. M. (2015). Pustaka Pelajar.
Khoirudin, K., & Supriyanah, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di SMA Kutabumi I Tangerang Banten. Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa), 1(2), 77-85. https://doi.org/10.30656/jika.v1i2.3883
Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. 2017. Penelitian pendidikan matematika. Refika Aditama.
Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa SMP Kelas 8 dan Siswa SMA Kelas 10 Dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1-7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page1-7
Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi segiempat. Pelita: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 64-79. https://orcid.org/0000-0001-7019-7556
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Nugroho, T. W. A., Mardiyana., & Dewi, R. S. S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Aktivitas Belajar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(5), 575-585.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79–96. http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96
Pratama, Y. A., & Mashuri (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Berbantuan Video Animasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 6, 606-917
Purnamasari, A., & Wijoyo, H. (2023). Analisis Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Era 5.0. Jotika Journal in Education, 2(2), 50-56. https://doi.org/10.56445/jje.v2i2.82
Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran masa kini. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 560-568.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 33-44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49
Sari, I. J., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 191-198. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i3.7525
Sutrisno, S., & Titi, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 65-76. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3626
Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ida Setiani, Putriaji Hendikawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.