Studi komparatif model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) melalui pendekatan saintifik dan pendekatan problem solving pada pembelajaran matematika

Authors

  • Nurul Izzah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Bangkalan, Bangkalan, Indonesia https://orcid.org/0009-0007-8286-2251
  • Nur Aini Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Bangkalan, Bangkalan, Indonesia
  • Dwi Ivayana Sari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Bangkalan, Bangkalan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4813

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievement Division (STAD), Pendekatan saintifik, Pendekatan problem solving

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti saat mengikuti Program Kampus Mengajar, ditemukan bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika dan memecahkan masalah saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pendekatan saintifik. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan lain untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa, salah satunya pendekatan berbasis pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui pendekatan saintifik dan problem solving dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan data kuantitatif dan rancangan kuasi eksperimen pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (33 siswa) dan kelas kontrol (31 siswa). Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai P value sebesar 0,495 yang berarti melebihi 0,05 sehingga hipotesis awal diterima. Kesimpulannya, tidak ada perbedaan signifikan dalam prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh pembelajaran pendekatan saintifik berbasis masalah terhadap disiplin dan hasil belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122.

Anggraini, P. D., & Pramudita, D. A. (2021). Peningkatan kemampuan belajar matematika melalui penerapan pendekatan problem solving. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19386

Gillies, R. M., Millis, B., & Davidson, N. (2023). Contemporary global perspectives on cooperative learning: Applications across educational contexts. In Contemporary Global Perspectives on Cooperative Learning: Applications Across Educational Contexts. https://doi.org/10.4324/9781003268192

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi: Sebuah kajian pembelajaran dalam perspektif pedagogik-filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Huda, F. A., Wasino, & Suminar, T. (2021). Perbandingan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 29–36. https://doi.org/10.21831/didaktika.v4i1.38951

Humairoh, S., & Bahri, S. (2023). Perbandingan pendekatan Realistic Mathematic Education dengan pendekatan saintifik terhadap hasil. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA, 7(2), 142–148.

Kusumaningrum, Y. (2020). Efektivitas model pembelajaran discovery learning dan problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(2), 435–444. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i2.7969

Liana, D. (2020). Berpikir kritis melalui pendekatan saintifik. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 15–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Maulinas, M., Mulia Putra, & Zahraini, Z. (2024). Studi komparatif implementasi manajemen mutu sekolah berfokus pada standar pendidikan dan tenaga kependidikan di SMP Negeri pada kecamatan Labuhanhaji Timur kabupaten Aceh Selatan. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 1169–1177. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i4.934

Mulyana. (2022). Pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Pendidikan Ips, 12(1), 24–29. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.554

Nonalisa, Ilmi, D., Supriadi, & Jasmienti. (2022). Perbandingan hasil belajar paimenggunakan model pembelajaran discovery learning dan problem solving peserta didik kelas VII di UPTD SMP N 1 kecamatan Suliki. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 74–82. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.814

Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(1), 89–96. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692

Rusdyi, & Nur, I. M. (2021). Perbandingan hasil belajar matematika siswa SMA melalui model pembelajaran problem solving dengan Jigsaw. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 47–53. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.475

Sabora, R. S., Lukum, A., Paputungan, M., Iyabu, H., Aman, L. O., & Alio, L. (2022). Studi perbandingan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan problem solving. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 118–126. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.15781

Sari, E. D. P., & Agustina, M. F. (2022). Thematic development in students’ argumentative essay. ideas: journal on english language teaching and learning. Linguistics and Literature, 10(1), 166–174. https://doi.org/10.24256/ideas.v10i1.2563

Simanjuntak, U. S., Silalahi, D. E., Sihombing, P. S. R., & Purba, L. (2021). Students’ perceptions of using YouTube as english online learning media during Covid-19 Pandemic. Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 150–159. https://doi.org/10.33394/jollt.v9i2.3567

Tampi, S., Odja, A. H., & Setiawan, D. G. E. (2022). Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 51–57. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8238

Wibowo, A., Hanifah, H., & Muchlis, E. E. (2019). Perbandingan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 125–131. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.125-131

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Izzah, N., Aini, N., & Sari, D. I. (2025). Studi komparatif model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) melalui pendekatan saintifik dan pendekatan problem solving pada pembelajaran matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 117–126. https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4813

Issue

Section

Articles