Main Article Content

Abstract

Belum ada media pembelajaran menarik yang digunakan oleh Guru dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar Negeri 3 Waelata. Penelitian ini memiliki tujuan mengkaji dan menganalisis perbedaan antara movitasi dan hasil dari proses pembelajaran matematika Sekolah Dasar dengan penggunaan aplikasi, yaitu Educandy. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Dari total populasi Siswa sejumlah 40 orang, terbagi lagi ke dalam dua kelompok eksperimen dan kontrol yang tiap kelompoknya sejumlah 20 orang. Selanjutnya untuk memeroleh data motivasi digunakan angket dan nilai hasil pembelajaran digunakan tes. Perolehan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data mengungkapkan bahwasanya adanya perbebedaan cukup singnifikan dalam penggunaan aplikasi pembelajaran Educandy terhadap peningkatan motivasi dan nilai hasil pembelajaran Siswa. Dari hasil analisis ini dapat dinyatakan bahwa aplikasi Educandy begitu baik dipergunakan saat proses belajar matematika bagi Siswa Sekolah Dasar.

Keywords

Motivasi Hasil belajar Educandy

Article Details

How to Cite
Amir, N. F., Malmia, W., Magfirah, I., Andong, A., & Buton, S. (2024). Pemanfaatan media Educandy dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika Siswa kelas V Sekolah Dasar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1-8. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.2800

References

  1. Amelia, N. C., Zulhelmi, Z., Syaflita, D., & Siswanti, Y. (2021). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran POE berbantuan game edukasi berbasis aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), 56–61. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4145
  2. Amir, N. F. (2021). Menghitung perkalian dengan benda-benda terdekat. Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(1), 20–30. https://doi.org/10.47323/ujes.v2i1.107
  3. Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22–34. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.22
  4. Fadhilah, F. N. (2022). Pengembangan media bahasa Arab menggunakan web Educandy. al-Ittijah : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 14(1), 51–62. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v14i1.5609
  5. Ferdianti, S., & Anwar, A. S. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran Educandy berbasis games edukasi pada pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar kognitif Siswa kelas V SDN Cipicung. Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 17–22. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.2482
  6. Fitriani, H., & Syarkowi, A. (2021). Motivasi belajar Siswa SMA pada pembelajaran fisika di era New Normal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 448–458. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.4050
  7. Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar Siswa dengan media pembelajaran interaktif game Kahoot berbasis hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 78–85.
  8. Ikhtiarini, R. U., Utomo, S. W., & Sulistyowati, N. W. (2021). Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar Siswa pada materi akuntansi dasar. Tangible Journal, 6(1), 102–110. https://doi.org/10.53654/tangible.v6i1.138
  9. Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 2(1), 158–166. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
  10. Nugroho, A., Ilmiani, D., & Rekha, A. (2021). EFL teachers’ challenges and insights of online teaching amidst global pandemic. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 4(3), 277–291. http://dx.doi.org/10.31002/metathesis.v4i3.3195
  11. Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan FIsika, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.24252/JPF.V7I1.7155
  12. Puspitowati, P. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada Siswa kelas IV MI Riyadlatul Uqul. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 120–132. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5734
  13. Putri, A. M. K., Akhwani, A., Nafiah, N., & Djazilan, M. S. (2021). Pengaruh media Educandy pada pembelajaran PPKn terhadap motivasi belajar daring Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4206–4211. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1537
  14. Rohmah, N. (2021). Media pembelajaran masa kini: Aplikasi pembuatan dan kegunaannya. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 176–181. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i2.771
  15. Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332
  16. Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  17. Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy dalam evaluasi pembelajaran bahasa indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 55–63. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089
  18. Widiastuti, R., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Peningkatan hasil belajar melalui media kuis Educandy pada peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2081–2089. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1161