Main Article Content

Abstract

Kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak lepas dari interaksi siswa dengan guru. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi yang terjadi antara siswa dengan guru dan faktor-faktor terjadinya interaksi siswa dengan guru dalam proses pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ-1 SMK Negeri 7 Samarinda, dengan objek yaitu interaksi siswa dan guru dan faktor yang mendasari terjadinya interaksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pemeriksaan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian, interaksi dalam pembelajaran meliputi motivasi guru kepada siswa, perintah guru kepada siswa untuk membaca contoh permasalahan, penjelasan guru kepada siswa, pemberian soal latihan, tanya jawab antara guru dengan siswa, dan kegiatan diskusi kelompok. Berdasarkan hasil wawancara, faktor terjadinya interaksi adalah upaya guru memaksimalkan penggunaan sarana-sarana yang dapat menunjang terjalinnya interaksi, minat siswa terhadap pelajaran matematika, inteligensi siswa, anggapan mata pelajaran jurusan lebih penting, kondisi kelas yang kurang mendukung untuk jumlah siswa dalam kelas, dan pemanfaatan sumber-sumber pelajaran dari siswa. Interaksi yang terjadi tercakup dalam interaksi satu arah, interaksi dua arah dan interaksi banyak arah. Ketiga interaksi ini disebabkan oleh faktor guru dan siswa, faktor bahan atau materi pengajaran, dan faktor situasi.

Keywords

Deskriptif kualitatif Interaksi siswa Pembelajaran matematika

Article Details

How to Cite
Mardiah, L. F., Kukuh, K., & Haryaka, U. (2018). Interaksi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas XII SMK Negeri 7 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 97-104. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.418

References

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A Tahun 2013: Implementasi Kurikulum. Jakarta.
  2. Permatasari, I., Rudhito, M.A., Sriyanto, H.J. (2011). Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Topik Kaidah pencacahan dengan Menggunakan Buku Ajar di Kelas XI IPA SMA Kolese De Brito. Prosiding Semnas Matematika dan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
  4. Uno, H. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.