Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kesalahan guru mendeklarasikan materi bangun datar dalam pembelajaran matematika di kelas VI SD. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VI Sekolah Dasar Negeri 02 Samarinda Ilir kota Samarinda Kalimantan Timur. Pengambilan data dilakukan melalui observasi selama proses pembelajaran matematika materi bangun datar dan wawancara setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa profil kesalahan guru dalam membelajarkan luas bangun datar adalah kesalahan didalam mendeklarasikan konsep dan fakta mengenai luas dan keliling bangun datar baik secara tertulis atau gambar maupun secara lisan.

Keywords

Profil Kesalahan Pengetahuan Deklaratif Pembelajaran Matematika

Article Details

How to Cite
Untu, Z. (2019). Profil Kesalahan Pengetahuan Deklaratif Guru SD Dalam Membelajarkan Bangun Datar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 11-20. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.136

References

  1. Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. (2001). The Taxonomy of Educational Objectives, The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain.
  2. Australian Curriculum Assesment and Reporting Authority (ACARA). (2012). The Australian Curriculum: Mathematics. Sydney, Australia: ACARA.
  3. Clark dan Mayer. (2007). Declarative Learning with Artifacts, Knowledge Creation Spiral.
  4. Krathwohl, D.R.A. (2012). Revision of Bloom's Taxonomy: An Overview. Theory into Practice.
  5. Madalina Tanase. (2011). Teaching Place Value Concepts to First Grade Romanian Students: Teacher Knowledge and its Influence on Student Learning; University of Nevada, Las Vegas.
  6. Marzano, Robert J. (2009). What will I do to help students practice and deepen their understanding of New knowledge? Art and Science of Teaching, Chapter 3.
  7. Miller dan Hudson. (2017). Using Evidence-Based Practices to Build Mathematics Competence Related to Conceptual, Procedural, and Declarative Knowledge: Learning Disabilities Research & Practice, 22(1), pp. 47–57. The Division for Learning Disabilities of the Council for Exceptional Children.
  8. Slava, Kalyuga. (2009). Knowledge Elaboration: A cognitive load perspective; Learning and Instruction; School of Education, University of New South Wales, Sydney, NSW 2052, Australia.
  9. Subanji. (2007). Proses Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional Dalam Mengkontruksi Grafik Fungsi Kejadian Dinamik Berkebalikan. Disertasi tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Unversitas Negeri Surabaya.