Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku ajar dengan mendeskripsikan kelayakan buku ajar matematika siswa kelas VII SMP Kurikulum 2013 berdasarkan pada komponen kelayakan isi meliputi, penyajian materi ajar dan penyajian pembelajaran. Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen dan lembar instrumen penilaian kelayakan buku. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian buku terbitan Kemendikbud dikategorikan sangat layak dengan persentase 93,57%. Buku terbitan Erlangga dikategorikan layak dengan persentase 75,71%. Buku terbitan Tiga Serangkai dikategorikan sangat layak dengan persentase 97,86%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi guru dan pihak sekolah dalam memilih buku matematika yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Keywords

Buku teks Kurikulum 2013 Analisis buku

Article Details

How to Cite
Saputro, S., Untu, Z., & Rusdiana, R. (2022). Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII SMP Pada Komponen Kelayakan Isi, Penyajian Materi Ajar, dan Penyajian Pembelajaran. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 149-158. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1549

References

  1. Adinawan, M. C. (2016). Matematika SMP/MTS Jilid 1A Kelas VII Semester 1. Erlangga.
  2. As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/6922/
  3. Choirunissa, L. (2016). Kesesuaian Buku Teks Kurikulum 2013 Untuk Siswa Dengan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.137
  4. Faridah, N. (2018). Analisis Isi Buku Teks Siswa Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2016 [Skripsi, IAIN Salatiga]. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4096/
  5. Kusaeri, K., Hamdani, A. S., & Suprananto, S. (2019). Student Readiness And Challenge In Completing Higher Order Thinking Skill Test Type For Mathematics. Infinity Journal, 8(1), Art. 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i1.p75-86
  6. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  7. Ramda, A. H. (2017). Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), Art. 1. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057
  8. Salamah, U. (2017). Berlogika dengan Matematika 1 untuk Kelas VII SMP dan MTs. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
  9. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.