Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 3 Samarinda

  • Annisa Nurul Hidayah Madrasah Aliyah Negeri Berau
  • Muhammad Junus Universitas Mulawarman
  • Shelly Efwinda Universitas Mulawarman
Keywords: Guided inquiry, Science process skills, Learning outcomes

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang melibatkan partisipasi peserta didik berdampak pada keterampilan proses sains yang tidak terasah, peserta didik yang tidak ikut terlibat dalam penemuan fakta suatu ilmu akan berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang melibatkan 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan lembar observasi keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil N-Gain, peningkatan hasil belajar untuk kelas kontrol sebesar 0,35 dan kelas eksperimen sebesar 0,47. Berdasarkan perhitungan effect size untuk hasil belajar diperoleh hasil sebesar 0,65 dengan kategori efektifitas sedang. Berdasarkan hasil uji-t independen terhadap hasil belajar, diperoleh nilai Asymp.Sig. sebesar 0,008 . Penilaian indikator keterampilan proses sains menunjukkan bahwa 5 dari 8 indikator mencapai kategori baik dengan persentase lebih dari 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Af’idayani, N., Setiadi, I., & Fahmi. (2018). The Effect of Inquiry Model on Science Process Skills and Learning Outcomes. European Journal of Education Studies, 4(12), 177–182.

Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105.

Evriani, Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Terpadu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dengan Strategi Student Generated Respresentation (SGRS). Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 119–125.

Hake, R. . (2002). Relationship Of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics With Gender, Hight School Physics and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Journal International, 1, 1–14.

Hidayah, R., & Lailiy, N. (2018). Guided Inquiry Model To Promote Science Process Skill Students on Acid-Base. Advances in Intelligent Systems Research (AISR) - Atlantis Press, January 2018.

Jufri, A. W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains : Modal Dasar Menjadi Guru Profesional (A. D. A. Wahab (ed.)). Penerbit Pustaka Reka Cipta.

Nurhasanah. (2016). Penggunaan Tes Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Konsep Kalor Dengan Model Inkuiri Terbimbing. UIN SYarif Hidayatullah.

Nurtafita, N. (2012). Pengaruh Metode Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Kalor. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Purwanto, N. (2010). Prinsip – prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Putra, M. I. ., Widodo, W., & Jatmiko, B. (2016). The Development Of Guided Inquiry Science Learning Materials To Improve Science Literacy Skill Of Prospective MI Teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 83–93. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5794

Rini, R. S. (2015). Penerapan Model Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP pada Konsep Tekanan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi Kedua). PT. Raja Grafindo Persada.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) (Edisi Revi). Tira Smart.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Alfabeta.

Wenning, C. J. (2010). Levels of inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach Science. Journal of Physics Teacher Education Online, 4(2).

Published
2023-11-30
How to Cite
Annisa Nurul Hidayah, Junus, M., & Efwinda, S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 3 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(2), 119-130. https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i2.2433
Section
Articles