Analisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal kombinatorika Gema Lomba Matematika Tahun 2025 berdasarkan teori Newman
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4780Keywords:
Matematika, Kombinatorika, Kesalahan siswa, Teori NewmanAbstract
Gema Lomba Matematika (GLM) merupakan kompetisi olimpiade matematika tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha. Dalam kompetisi ini menyajikan soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang bertujuan mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa semifinalis GLM tingkat SD tahun 2025 dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi kombinatorika. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dan subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yang mencakup masing-masing 2 siswa dengan nilai tertinggi, menengah, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara dan analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan utama siswa disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap konsep yang berkaitan dengan soal. Berdasarkan wawancara, faktor penyebab kesalahan meliputi minimnya pemahaman konsep, ketidakmampuan dalam merancang strategi penyelesaian, serta kepanikan saat mengerjakan soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan terjadi pada proses memahami masalah (33%), kesalahan transformasi (17%), kesalahan dalam proses penyelesaian (50%). Analisis ini mengindikasikan bahwa proses berpikir sistematis dan pemahaman konsep menjadi tantangan utama siswa dalam menyelesaikan soal kombinatorika tipe HOTS. Melalui analisis ini diharapkan guru atau pembina dapat melakukan pembinaan yang lebih menekankan pada pemahaman konsep dan latihan penyelesaian soal HOTS.
Downloads
References
Akfal, M. (2024). Bimbingan belajar matematika olimpiade materi kombinatorika pada siswa tingkat SMP. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 186–190. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.2.2.186-190
Candraningsih, Y., & Warmi, A. (2023). Kesalahan siswa SMA dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 235–243. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14592
Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508
Febryana, E., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS berdasarkan teori Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 15–28.
Hartawan, I. G. N. Y., & Suryawan, I. P. P. (2022). Implementasi bahan ajar berbasis masalah kontekstual berbantuan software statistika dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 74–80. https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.47073
Kurniati, U., Setiyani, & Sagita, L. (2021). Error analysis using Newman procedures and the mathematical representation ability of pre service english teachers. Anatolian Journal of Education, 6(2), 135–156. http://dx.doi.org/10.29333/aje.2021.6211a
Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208–216. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.33265
Mahayukti, G. A., Dewi, P. K., Hartawan, I. G. N. Y., & Jana, P. (2022). Analisis kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal kalkulus integral dalam pembelajaran daring. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2121–2130. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5036
Mertasari, N. M. S., Sastri, N. L. P. P., & Pascima, I. B. N. (2023). Performance assessment: Improving metacognitive ability in mathematics learning. Journal of Education and E-Learning Research, 10(4), 837–844. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i4.5260
Pujawan, I. G. N., Rediani, N. N., Antara, I. G. W. S., Putri, N. N. C. A., & Bayu, G. W. (2022). Revised Bloom taxonomy-oriented learning activities to develop scientific literacy and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 47–60. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.34628
Putri, A. Z. P., Mariela, A. M., Purnama, F. A., Jannah, M., Aprita, S. A., Dari, U., Meryansumayeka, & Zulkardi. (2022). analisis pemahaman siswa terhadap materi kombinatorika pada kelas 9-12. CERMIN: Jurnal Penelitian, 6(1), 9–17. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i1.1365
Santiago, P. V. da S., & Alves, F. R. V. (2022). Math for olympiad: A didactic proposal from the perspective of the International Mathematical Olympiad with GeoGebra software. Journal of Advanced Science and Mathematics Education, 2(2), 97–108. https://doi.org/10.58524/jasme.v2i2.135
Setyawati, H., & Malasari, P. N. (2024). Pengembangan soal olimpiade matematika SMP materi kombinatorika dan peluang terintegrasi kebudayaan lokal Kudus. Numeracy, 11(2), 199–217. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i2.2911
Silalahi, R. Y., & Dewi, P. K. (2023). Analisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal HOTS matematika berdasarkan teori Newman. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 14(1), 12–17. https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.59605
Suryawan, I. P. P., & Ratnaya, I. G. (2023). The analysis of students’ mathematical critical thingking for solving controversial issues. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(1), 91–107. https://doi.org/10.19166/johme.v7i1.6523
Susiani, K., Dharsana, I. K., Suartama, I. K., Suranata, K., & Yasa, I. N. (2022). Student motivation and independent learning in social studies, english, and math: The impact of the classroom environment. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 5(4), 258–268. https://doi.org/10.53894/ijirss.v5i4.681
Turmuzi, M., Suharta, I. G. P., Astawa, I. W. P., & Suparta, I. N. (2024). Misconceptions of mathematics in higher education universities when learning with Google Classroom based on learning styles and gender differences. Journal of Technology and Science Education, 14(1), 200–223. https://doi.org/10.3926/jotse.2482
Wiranata, I. M. R. A., Ardana, I. M., & Suarni, N. K. (2024). Student worksheets based on HOTS-oriented case studies to improve critical thinking skills of fourth-grade elementary school students. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 346–356. https://doi.org/10.23887/jipp.v8i2.71751
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gavrila Tamariska, Komang Srie Darmayanti, Putu Sutama, Raphita Yanisari Silalahi, Nyoman Arda Wibawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.









