Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika melalui tahap Newman
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2698Keywords:
Analisis kesalahan, Soal cerita matematika, Tahap NewmanAbstract
Keterampilan berpikir dan menyelesaikan soal cerita matematika Siswa masih cukup rendah. Sehingga diperlukannya suatu metode yang cocok untuk menganalisis kesalahan pada soal cerita salah satunya menggunakan tahapan Newman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika melalui tahap Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Kanigoro. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pemberian tes. Hasil yang diperoleh adalah 4 Siswa mengalami kesalahan membaca, 10 Siswa mengalami kesalahan memahami, 6 Siswa mengalami kesalahan transformasi, 9 Siswa mengalami kesalahan keterampilan proses, dan 7 Siswa mengalami kesalahan menuliskan jawaban akhir.
Downloads
References
Amin, K., Kamid, K., & Hariyadi, B. (2021). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan Newman error analysis ditinjau dari gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2053–5064. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.692
Amni, R. & Kartini. (2021). Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar bagian balok berdasarkan teori Newman. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 215–224. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.13560
Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi kekongruenan dan kesebangunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p817-826
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53–64. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550
Halawa, J. S., & Heksa, D. (2021). Analisis kesalahan Siswa menyelesaikan soal pemahaman konsep pada materi relasi dan fungsi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.369
Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan prosedur Newman. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39–50.
Humaerah, S. R. (2017). Analisis kesalahan Peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal pada materi geometri dengan prosedur Newman kelas VIII MTS Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto [Skripsi, Universitas Islam Negeri Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7766
Istiqomah, N. (2016). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika Siswa kelas XI SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 343–352. https://doi.org/10.30738/.v4i2.458
Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95–102. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.855
Kalengkongan, L. N., Regar, V. E., & Mangelep, N. O. (2021). Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan program linear berdasarkan prosedur Newman. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(2), 31–38. https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i2.1102
Karnasih, I. (2015). Analisis kesalahan Newman pada soal cerita matematis (Newman’s error analysis in mathematical word problems). Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–51. https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i1.3352
Muslim, S. S., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Amrullah, A. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang ditinjau dari gaya belajar Siswa di SMPN 7 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295–303. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.192
Rahmayanti, I., & Maryati, I. (2021). Kesalahan Siswa SMP pada soal pemecahan masalah berdasarkan tahapan teori Newman. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61–70.
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2017). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630
Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis Newman. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.









