Main Article Content

Abstract

Suatu penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghitung integral tak tentu dan tentu dari fungsi aljabar sederhana serta penerapannya dalam menghitung luas daerah di bawah kurva siswa kelas XII IPS SMA Syaichona Cholil Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2017, dengan subjek penelitian sebanyak 47 siswa, dan dengan objek penelitian yaitu kemampuan menghitung integral tak tentu dan tentu dari fungsi aljabar sederhana serta penerapannya dalam menghitung luas daerah di bawah kurva. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 6 butir soal. Teknik analisis data meliputi penilaian hasil tes kemampuan, pengelompokkan siswa berdasarkan nilai yang diperoleh, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 2,13% siswa berada dalam kategori sangat baik, 4,26% siswa berada dalam kategori baik, 4,26% siswa berada dalam kategori cukup, dan 89,36% siswa berada dalam kategori kurang. Dengan demikian kemampuan menghitung integral tak tentu dan tentu dari fungsi aljabar sederhana serta penerapannya dalam menghitung luas daerah di bawah kurva siswa kelas XII IPS SMA Syaichona Cholil Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018 adalah kurang.

Keywords

Kemampuan menghitung Integral SMA Syaichona Cholil Samarinda

Article Details

How to Cite
Kristiana, P., Labulan, P., & Berahman, B. (2018). Kemampuan Menghitung Integral Tak Tentu Dan Tentu Dari Fungsi Aljabar Sederhana Serta Penerapannya Dalam Menghitung Luas Daerah Di Bawah Kurva Siswa Kelas XII IPS SMA Syaichona Cholil Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 105-114. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.419

References

  1. Alwi, H. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  2. Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  3. Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Prasekolah, Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  4. Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Dharma, A. 2016. Analisi Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas VI Tahun Pelajaran 2015/2016 Di SD Negeri I Banjar Bali. E-Journal PGSD Universtas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol.4 No.1.
  6. Hamalik, O. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  7. _____.2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi.
  8. Jihad, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pressido.
  9. Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  10. Munandar, S.C.U. 1994. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  11. Muslich, M. 2011. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.
  12. Ramlah. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VII SMPN Model
  13. Terpadu Madani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.1 No.1
  14. Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
  15. Slameto. 2003. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  16. Solaikah, A.D.S.N dan Suroto. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. 1, (01), 97-106.
  17. Subanji dan Nusantara, T. (2013). Karakteristik Kesalahan Berpikir Siswa Dalam Mengonstruksi Konsep Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. No.2.
  18. Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.
  19. Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
  20. Thoha, M.C. 1991. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
  21. Umar, H. 2004. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.