Main Article Content

Abstract

Analisis buku teks penting dilakukan untuk mengetahui tingkat kesesuaian buku teks dengan kurikulum yang berlaku dalam sistem pembelajaran. Buku teks memiliki peran yang sangat penting bagi guru dan siswa sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang paling banyak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian buku teks matematika peminatan kelas X yang digunakan SMA Negeri di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan rumusan kurikulum 2013 meliputi aspek SKL, KI, KD, Kecukupan Materi, Kedalaman Materi, Pendekatan Saintifik, dan Penilaian Autentik. Teknik pengumpulan data dengan survei dan studi dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian buku A dikategorikan cukup dengan persentase 73,9%. Kesesuaian buku B dikategorikan cukup dengan persentase 71,9%. Kesesuaian buku C dikategorikan baik dengan persentase 86,5%.

Keywords

Kesesuaian Buku Buku Teks Matematika Peminatan Kurikulum 2013

Article Details

How to Cite
Kurniawati, W., Rusdiana, R., & Basir, A. (2022). Analisis Kesesuaian Buku Teks Matematika Peminatan Kelas X Dengan Rumusan Kurikulum 2013 SMA Negeri Di Kabupaten Kutai Kartanegara. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 21-30. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.977

References

  1. Anggoro, D. S., Sulasteri, S., & Sriyanti, A. (2022). Analisis Buku Matematika SMA Ditinjau dari Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Alauddin Journal of Mathematics Education, 4(1), 98–107. https://doi.org/10.24252/ajme.v4i1.28443
  2. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
  3. Idi, A. (2014). Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. RajaGrafindo Persada.
  4. Irawan, D. (2020). Mengembangkan Buku Teks Pelajaran Membaca Berbasis Pendekatan Proses Untuk SD. Pena Persada.
  5. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2014. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. https://peraturanpedia.id/peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-nomor-65-tahun-2014/
  6. Noormandiri, B. K. (2016). Matematika untuk SMA/MA Kelas X. Erlangga.
  7. Sembiring, S., Zulkifli, M., Marsito, & Rusdi, I. (2016). Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas X : Kelompok peminatan matematika dan ilmu-ilmu alam. Srikandi Empat.
  8. Sukino. (2013). Matematika: Untuk SMA/MA Kelas X. Erlangga.
  9. Widyaharti, M. S., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2015). Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Untuk Kelas X Berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013. 6(2), 173–184. https://doi.org/10.19184/kdma.v6i2.1994