Identifikasi Konsep Fisika pada Arang Briket Limbah Tebu untuk Pembelajaran Fisika Berbasis Lingkungan

Authors

  • Tata Oktarina Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Saparini Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4307

Keywords:

Prinsip Fisika, Limbah, Briket, Energi Alternatif, Pembelajaran Berbasis Lingkungan

Abstract

Limbah tebu atau yang dikenal dengan sebutan Blotong merupakan sisa pengolahan tebu yang diambil sarinya untuk gula. Blotong umumnya kurang dimanfaatkan sehingga berpotensi mencemari lingkungan. Dengan pengolahan yang tepat, Blotong memiliki potensi menjadi energi alternatif dengan mengolahnya menjadi briket. Dalam pengolahan briket Blotong nyatanya menerapkan prinsip-prinsip fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip fisika dalam proses pembuatan briket Blotong, sebagai salah satu sumber alternatif belajar fisika berbasis lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan kajian literatur dan observasi langsung untuk mengeksplorasi keterkaitan konsep fisika dalam proses pembuatan briket Blotong melalui pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis untuk memperoleh pemahaman mengenai integrasi konsep fisika pada pengolahan briket Blotong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep fisika pada proses pembuatan briket Blotong antara lain perpindahan kalor, momentum, tekanan, gaya gesek, pemisahan campuran dan kerapatan zat. Oleh sebab itu integrasi proses pembuatan briket Blotong dalam pembelajaran dapat menjadi salah satu alternatif sumber belajar berbasis lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asbanu, D. E. S. ., & Kasseh, Y. (2021). Identifikasi Konsep-Konsep Sains dalam Proses Pembuatan Sopi Timor di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(2), 142. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4396

Elisa, E., Prabandi, A. M., Istighfarini, E. T., Alivia, H., Inayah H., L. W., & Nuraini, L. (2022). Analisis Konsep-Konsep Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(November), 194–199.

Hernawati. (2020). Mengetahui Koefisien Gesek Statik Dan Kinetis Melalui Konsep Gerak Melingkar Beraturan. Jurnal Teknosains, 7(1), 55–65.

Kusrini. (2020). Modul Pembelajaran SMA fisika Kelas XI: Suhu dan Kalor. Direktorat Jendral PAUD, DIKDAS, Dan DIKMEN, 25–29.

Laos, L. E., & Tefu, M. O. F. I. (2019). Identifikasi Konsep Fisika Pada Kearifan Lokal Pengolahan Sagu (Putak) Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.35508/fisa.v4i2.1827

Mahendra, T. S., & Praswanto, D. H. (2022). Pengaruh Campuran Minyak Jelantah pada Briket Sampah Organik dan Serbuk Kayu terhadap Laju Pembakaran. Prosiding SENIATI, 6(2), 330–336. https://doi.org/10.36040/seniati.v6i2.4985

Maulinda, L., Mardinata, H., & Jalaluddin, J. (2020). Optimasi Pembuatan Briket Berbasis Limbah Ampas Tebu Menggunakan Metode RSM (Response Surface methodology). Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 8(1), 1. https://doi.org/10.29103/jtku.v8i1.2222

Meidayanti, K., Siska, A. I., & Alfiyah, N. (2024). Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Pengolahan Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Sebagai Upaya Mewujudkan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah. 4(4), 2587–2595.

Mursadin, A., & Subagyo, R. (2016). Perpindahan Panas I Hmkk 453. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat, 1–51.

Mustain, A., Sindhuwati, C., Wibowo, A. A., Estelita, A. S., & Rohmah, N. L. (2021). Pembuatan Briket Campuran Arang Ampas Tebu dan Tempurung Kelapa sebagai Bahan Bakar Alternatif. Jurnal Teknik Kimia Dan Lingkungan, 5(2), 100–106. https://doi.org/10.33795/jtkl.v5i2.183

Nurhilal, M. (2018). Mampu Bentuk Briket Variasi Bahan Briket Dengan Komposisi Perekat Serta Waktu Pencelupan Minyak Jelantah. Jurnal Ilmiah Inovasi, 18(1), 10–17. https://doi.org/10.25047/jii.v18i1.850

Nurmasitoh, Q. R. A. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Sikap Pelestarian Pada Materi Pencemaran Lingkungan. 3(2), 75–86.

Pawarangan, I., Nusa, J. G. N., Mawuntu, V. J., Saka, B. G., & Jefriyanto, W. (2023). Identifikasi Prinsip Fisika Pada Rumah Adat Minahasa di Woloan Untuk Pembelajaran Fisika. SCIENING : Science Learning Journal, 4(2), 107–113. https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.7955

Sakti, A. (2022). Sustainability Report - Laporan Keberlanjutan PT Perkebunan Nusantara VII 2022. Diakses tanggal 20 Januari 2025 dari https://www.ptpn7.com/user/assets/images/laporan/Sustainability%20Report%202022%20Signed.pdf

Selparia, E., Ginting, M., & Syech, R. (2014). Pembuatan dan Pengujian Alat Untuk Menetukan Konduktivitas Plat Seng,Multiroof dan Asbes. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 2(1), 191–197.

Suparman, M. (2016). Pengembanga Media Pembelajara Fisika Berbasis Li Gku Ga De Ga Mema Faatka Komputer Siswa Kelas X Sma Egeri 1 Ulaweng. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 2(12), 136–145.

Tarigan, M. Z. P., Bahri, S., Mulyawan, R., Muarif, A., & Luddin, J. (2023). Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu Untuk Pembuatan Arang Briket Dengan Menggunakan Bahan Perekat Lem K Dan Tepung Beras Ketan. Chemical Engineering Journal Storage (CEJS), 3(6), 798. https://doi.org/10.29103/cejs.v3i6.11572

Wuryastuti, S., & Ni’mah, I. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Melalui Pembuatan Kompor Biogas. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2), 113–120. https://doi.org/10.17509/eh.v5i2.2842

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Oktarina, T., & Saparini. (2025). Identifikasi Konsep Fisika pada Arang Briket Limbah Tebu untuk Pembelajaran Fisika Berbasis Lingkungan. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(1), 1–9. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4307

Issue

Section

Articles