Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Literasi Sains Materi Pesawat Sederhana

  • Putri Aliana Yhawita Sari Universitas Sriwijaya
  • Nely Andriani Universitas Sriwijaya
  • Zulherman Universitas Sriwijaya
  • Saparini Universitas Sriwijaya
  • Widya Rahmatika Rizaldi Universitas Sriwijaya
Keywords: pesawat sederhana, literasi sains, inkuiri terbimbing

Abstract

Telah dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains materi pesawat sederhana, dan (2) peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada materi pesawat sederhana. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Gelumbang, Sumatera Selatan pada siswa kelas VIII 1. Metode penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan one group pretest posttest design. Data dikumpulkan melalui tes dan selanjutnya dianalisis menggunakan uji t dan N-gain. Hasil penelitian diperoleh thitung=26,766 > ttabel=2,069 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains materi pesawat sederhana. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa sebesar 0,4 termasuk kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 0-10.
Ardianto, Didit & Rubini, Bibin. 2016. Literasi Sains dan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared. Unnes Science Educational Journal. 5(1). 1153-1159.
Hartati, T. 2017. Multimedia dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat. Edutech, 15 (3), 301-310.
Lelawati, Nuur. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI di MAN Babakan Ciwaringin. Skripsi S1 Jurusan Tadris IPA Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Ngertini, Nyoman. dkk. 2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesh, Vol 4, 1-11.
O.E.C.D. 2012. PISA 2012 Result: What Student Know and Can DO, Vol I. OECD.
O.E.C.D. 2013. PISA 2015 Draft Science Framework. OECD.
Priyatno Duwi. 2009. Mandiri Belajar SPSS. Jakarta: Mediakom.
Priyatno, Duwi. 2010. SPSS untuk Analisa Korelasi, Regresi, dan Multivariate. Yogyakarta: Gava Media.
Wahyudi, dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 02 No. 02. 62-65.
Yuliati, Yuyu. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 3 No. 2.
Published
2020-11-20
How to Cite
Yhawita Sari, P. A., Andriani, N., Zulherman, Saparini, & Rizaldi, W. R. (2020). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Literasi Sains Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(02), 131 - 137. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i02.352
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)