Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Literasi Sains Materi Pesawat Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i02.352Keywords:
pesawat sederhana, literasi sains, inkuiri terbimbingAbstract
Telah dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains materi pesawat sederhana, dan (2) peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada materi pesawat sederhana. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Gelumbang, Sumatera Selatan pada siswa kelas VIII 1. Metode penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan one group pretest posttest design. Data dikumpulkan melalui tes dan selanjutnya dianalisis menggunakan uji t dan N-gain. Hasil penelitian diperoleh thitung=26,766 > ttabel=2,069 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains materi pesawat sederhana. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa sebesar 0,4 termasuk kategori sedang.
Downloads
References
Ardianto, Didit & Rubini, Bibin. 2016. Literasi Sains dan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared. Unnes Science Educational Journal. 5(1). 1153-1159.
Hartati, T. 2017. Multimedia dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat. Edutech, 15 (3), 301-310.
Lelawati, Nuur. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI di MAN Babakan Ciwaringin. Skripsi S1 Jurusan Tadris IPA Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Ngertini, Nyoman. dkk. 2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesh, Vol 4, 1-11.
O.E.C.D. 2012. PISA 2012 Result: What Student Know and Can DO, Vol I. OECD.
O.E.C.D. 2013. PISA 2015 Draft Science Framework. OECD.
Priyatno Duwi. 2009. Mandiri Belajar SPSS. Jakarta: Mediakom.
Priyatno, Duwi. 2010. SPSS untuk Analisa Korelasi, Regresi, dan Multivariate. Yogyakarta: Gava Media.
Wahyudi, dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 02 No. 02. 62-65.
Yuliati, Yuyu. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 3 No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.