Pengembangan Panduan Praktikum Tangki Riak pada Mata Kuliah Gelombang dan Optik
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.3279Keywords:
Panduan Praktikum, Tegangan Permukaan Air, Pemantulan, Pembiasan, Difraksi, Interferensi GelombangAbstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan panduan praktikum pada materi gelombang dan optik dengan tujuan untuk menghasilkan panduan praktikum yang valid dan praktis. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model Rowntree. Peneliti melakukan validasi kepada 3 pakar ahli. Skor yang diperoleh diolah kemudian saran dan komentar dijadikan acuan untuk merevisi produk. Hasil validasi untuk instrument pada validator 1 sebesar 4,36, sedangkan validator 2 sebesar 4,00 dan untuk validator 3 sebesar 4,12 yang telah memenuhi kategori valid. Sedangkan untuk hasil uji coba terbatas didapatkan pada praktikum tangki riak sebesar 95% dengan kategori sangat praktis dari hasil one-to-one evaluation yang didapat dari rata rata respon mahasiswa terhadap panduan praktikum. Kemudian selanjutnya diperoleh rata rata sebesar 90,2% dengan kategori sangat praktis yang diperoleh dari tahap small group evaluation. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa panduan praktikum yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria instrument yang baik yaitu valid dan praktis.
Downloads
References
Agustyaningrum, N., & Gusmania, Y. (2017). Praktikalitas Dan Keefektifan Modul Geometri Analitik Ruang Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Dimensi, 6(3), 412–420. https://doi.org/10.33373/dms.v6i3.1075
Andrianti, Y., Susanti, L. R. R., & Hudaidah. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra, 5(9), 58–68. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/criksetra/article/view/4802
Aniska, F. D., Studi, P., & Fisika, P. (2022). UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2022.
Hidayati, H., & Khasanah, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Mata Kuliah Gelombang dan Bunyi Berbasis Niteni, Nirokke, Nambahi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(2), 75. https://doi.org/10.30738/wa.v4i2.6130
Prawiradilaga, D. S. (2009). Prinsip desain pembelajaran (instructional design principles). Kencana Prenada Media Group.
Rahayu, S. (2014). Pengembangan Panduan Praktikum Perangkat Gelombang Mikro Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Di Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Unsri. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 171–177.
Riandry, M. A. Ismet, I. Akhsan, H. (2017). Developing Statistical Physics Course Handout on Distribution Function Materials Based on Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012047
Riduwan. (2012). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula (Cetakan 8). Alfabeta.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangat Pembelajaran Matematika. Jurnal kreano DMIPA UNNES.
Salmah, R., Hamdi, A., & Ismet. (2020). Development Modern Physics Digital Handout Based on Technology Literacy. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 23. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7593
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susilawati, S., Doyan, A., & Harjono, A. (2022). Development of Learning Media for Wave Ripple Tanks with the Implementation of Guided Inquiry Models on Students’ Mastery of Concepts and Scientific Creativity. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 985–991. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1542
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan KTSP. Kencana Prenada Media Group.
Widyoko, S. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. pustaka pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.